Pemprov Dorong Pertumbuhan Koperasi Modern di Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Dagperinkop-UKM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman serta pengelolaan kapasitas manajemen keuangan modern bagi pelaku koperasi.

Hal ini dilaksankan pada Temu Teknis Peningkatan Kapasitas Manajemen Keuangan Modern Bagi Pelaku Koperasi Angkatan I (Pertama) Tahun 2023, di Grand Mutiara Hotel, Jl. Abdul Malik Pattana Endeng, Mamuju, Selasa 5 Desember 2023.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta, terdiri dari aparatur dinas membidangi koperasi dan pengelola/pengurus koperasi.

Kepala Dinas Dagperinkop-UKM Sulbar, Bau Akram Da’i mengatakan, strategi yang perlu dikembangkan dalam peningkatan kapasitas manajemen keuangan modern bagi pelaku koperasi di era digitalisasi ini adalah dengan mengukur kinerja non finansial koperasi, restrukturisasi koperasi, yang bertujuan memperbaiki dan memaksimalkan kinerja suatu koperasi.

Bau Akram menekankan, laporan keuangan yang dibuat harus mudah dan sistematis, akuntabel dan akurat.

Oleh karenanya, diperlukan software akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel dan akurat, setiap saat dapat disajikan dan mudah melakukan penilaian dan evaluasi kinerja koperasi.

Dia menuturkan, pengembangan sistem informasi teknologi (IT) pada koperasi tidak harus membangun sistem itu sendiri, namun dapat dilakukan dengan kerja sama dengan pihak ketiga.

“Ini agar tercipta koperasi yang modern dengan sistem yang maju, dan yang paling penting dapat meningkatkan kinerja pengelolaan koperasi,” ucapnya. (jaf)

  • Bagikan