DPRD Polman Usulkan Tiga Nama Pj Bupati

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — DPRD Polewali Mandar akhirnya menetapkan tiga nama yang akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai usulan calon penjabat Bupati Polman. Tiga nama yang diusulkan ini merupakan hasil kesepakatan dalam rapat pimpinan yang dihadiri para ketua fraksi dan pimpinan alat kelengkapan dewan, Selasa 5 Desember 2023

Ketiga nama yang diusulkan yakni Dr Muhammad Zain yang merupakan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Jenderal Pendidikan Agama Kementerian Agama RI. Muhammad Zain merupakan putra daerah kelahiran Puccero, Tumpiling Kecamatan Wonomulyo.

Kemudian Kepala Biro Organisasi Pemprov Sulbar Hamdani Hamdi. Ia juga merupakan putra Polman kelahiran Kelurahan Madatte Kecamatan Polewali Kabupaten Polman. Serta ketiga Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Sulbar, Muhammad Ilham Borahima yang juga putra daerah kelahiran Kecamatan Wonomulyo Polman.

Ketua DPRD Polman, Jupri Mahmud bersama Wakil Ketua III, Nurbaeti saat dikonfirmasi usai rapat pimpinan dewan diperluas, Selasa 5 Desember mengungkapkan ketiga nama usulan Pj Bupati Polman usulan DPRD Polman.

“Dewan telah melakukan rapat menindaklanjuti surat dari Kemendagri RI Nomor
Surat bernomor 100.2.1.3/6047/SJ tertanggal 9 November 2023 yang ditujukan kepada Ketua DPRD kabupaten/kota yang akhir masa jabatan (AMJ) bupatinya berakhir 31 Desember 2023. Dalam surat yang ditandatangani Sekjen Menteri Dalam Negeri, Dr Suhajar Diantoro, DPRD Kabupaten Kota dapat mengusulkan tiga nama calon penjabat bupati untuk menjadi bahan pertimbangan Menteri Dalam Negeri dalam menetapkan penjabat bupati,” ujar Jupri Mahmud.

Dalam surat Kemendagri, batas waktu pengusulan nama calon Pj Bupati dari DPRD Polman paling lambat Rabu 6 Desember 2023.

“Kita sudah berembuk dengan pimpinan fraksi terkait nama-nama yang akan diusulkan menjadi Pj Bupati Polman. Sehingga hari ini sembilan fraksi hadir terkait dengan tehnis pengusulan tiga nama dan telah disepakati tiga nama,” jelas Jupri Mahmud.

Tiga nama yang disepakati DPRD Polman untuk diusulkan ke Kemendagri yakni DR. Muhammad Zein, Hamdani Hamdi, dan Muhammad Ilham Borahima. Ketiga nama ini yang direkomendasikan DPRD Polman untuk menjadi calon penjabat Bupati Polman.

Jupri Mahmud menambahkan ketiganya merupakan hasil usulan dari sembilan fraksi DPRD Polman. Ketiganya ini sudah memenuhi persyaratan untuk diusulkan menjadi calon penjabat Bupati.

“Data ini segera kita kirimkan ke Kemendagri RI karena batas akhir pengusulan nama itu hanya sampai besok (Rabu 6 Desember),” tandas Jupri Mahmud. (arf/mkb/jaf)

  • Bagikan