APBD Mamasa Tahun 2024 Disahkan, Sisa Defisit Rp123 Miliar

  • Bagikan
Ketua DPRD Mamasa, Orsan Soleman B menyerahkan RAPBD kepada Pemerintah Kabupaten Mamasa, Pj. Bupati Mamasa, pada Sidang Paripurna di DPRD Mamasa, Kamis 30 November 2023 --fadli/radar sulbar--

MAMASA, RADAR SULBAR — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamasa mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024 melalui Sidang Paripurna, Kamis 30 November 2023.

Pj. Bupati Mamasa, Yakub F Solon menyampaikan, struktur APBD yang telah disepakati, Pendapatan sebesar Rp956,2 Miliar, Belanja Rp1,070 Triliun. Terdapat defisit yang jumlahnya berkurang dari APBD 2023.

“Berdasarkan itu, nota keuangan yang sudah dibahas pemkab dan DPRD Mamasa. Maka defisit anggaran Kabupaten Mamasa utuk tahun 2024 bisa diturunkan dari Rp192 Miliar menjadi Rp123,840 Miliar atau berkurang sebesar Rp69 Miliar,” terang Yakub.

Iapun berterimaksih kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Mamasa, Sekda Mamasa, Kepala OPD atas kerjasamanya sehingga ABPB tahun 2024 dapat disahkan tepat waktu.

“Terlebih kita bersyukur karena kita bisa menekan angka defisit dari Rp192 Miliar turun sebesar Rp69 Miliar menjadi tersisa Rp123,840 Miliar,” ujar Yakub F Solon dalam sambutanya.

Ia mengatakan, sinergitas dan komitmen bersama memperbaiki kondisi keuangan Mamasa telah dibuktikan melalui mengesahan anggaran hari ini.

“Kita semua punya semangat yang sama untuk memperbaiki daerah ini sehingga kita bisa melakukan penghematan anggaran di semua OPD demi memperbaiki kondisi keuangan yang sedang dalam situasi buruk,” terang Yakub.

Sementara itu, Ketua DPRD Mamasa, Orsan Soleman mengatakan, bahwa DPRD dan Pemkab Mamasa memiliki komitmen yang sama dalam memperbaiki kondisi keuangan daerah.

“Kita punya tujuan yang sama dalam memeperbaiki kondisi keuangan daerah sehingga kita berkomitmen mengesahkan APBD 2024 tepat waktu sesuatu peraturan perundang-undangan dan bersepakat untuk melakuakn penghematan anggaran sehingga defisit bisa kita turunkan,” ungkap Orsan.

Ia menambahkan, dan yang penting disyukuri bahwa selain bisa mengurangi defisit Pemda Mamasa juga bisa membayar utang pinjaman PEN.

“Kita bersyukur karena APBD tahun 2024 kita bisa menekan angka defisit dan bisa membayar utang PEN,” tambahnya. (r4/jaf)

  • Bagikan