Sambut Masuknya Batik Air di Mamuju, Dinas Pariwisata: Ini Peluang Kembangkan Sektor Wisata 

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Bertambahnya pelayanan maskapai penerbangan di Bandara Tampa Padang Mamuju menjadi peluang meningkatkan sektor Pariwisata di Sulawesi Barat. 

Karenanya Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Darmawati Ansar sangat menyambut masuknya maskapai Batik Air di Mamuju. Menurutnya aksesibilitas menjadi salah satu hal utama dalam pengembangan destinasi.  Apalagi diketahui Batik Air akan melayani setiap hari sehingga memberikan kepastian bagi masyarakat, khususnya wisatawan untuk menentukan waktu  berkunjung ke Mamuju.

“Dengan adanya tambahan layanan akses penerbangan ke Mamuju maka ini semakin memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Sulbar,” ujar Darmawati. 

Lanjut Darmawati menjelaskan tipologi wisata Sulbar saat ini adalah rintisan sehingga Dinas Pariwisata terus mendorong peningkatan SDM pengelola wisata di daerah. 

Selain itu,  Dinas Pariwisata Sulbar juga telah mengemas sejumlah event yang saat ini terlah terdaftar dalam kalender event nasional.  Tujuannya untuk meningkatkan kunjungan Wisman.

Hal lain, Kepal Dinas Perhubungan Sulbar Maddareski Salatin mengaku, masuknya batik akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah. Diketahui setelah pandemi Covid, hanya ada satu maskapai yang melayani di Bandara Tampa Padang sampai sekarang ini, yakni Maskapai Wings Air. Adapun rute penerbangan Mamuju-Makassar dan Mamuju-Kalimantan. 

Masuknya Batik Air melayani rute Mamuju-Makassar setiap hari, maka wings air tidak lagi melayani penerbangan rute Mamuju-Makassar. Namun kedepan Wings Air akan meningkatkan frekuensi penerbangan Mamuju-Kalimantan. Dia pun berharap dengan masuknya Batik Air dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Sulbar. Sekaligus menjadi motivasi bagi maskapai lain menambah frekuensi untuk rute ke Bandara Tampa Padang.

“Setelah Batik Air  masuk bisa termotivasi maskapai lain menambah ferekuensi,” ucap Maddareski. 

Diketahui Batik Air (kode penerbangan ID), bagian dari Lion Group, bakal terbang perdana di Bandar Udara Tampa Padang Mamuju pada 8 Desember 2023, setiap hari (7 kali seminggu) secara langsung dari  Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan

Jadwal Terbang, Makassar (UPG) – Mamuju (MJU)  berangkat 14.20 WITA tiba 15.15 WITA. Kemudian rute Mamuju (MJU) – Makassar (UPG) berangkat 15.50 WITA tiba 16.45 WITA. 

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, Perjalanan ke dan dari Mamuju melalui Makassar menghubungkan penumpang ke beragam destinasi, termasuk intra Sulawesi seperti Makassar, Palopo, Tana Toraja, Kendari, Baubau, Raha, Wakatobi, Palu, 

Luwuk, Morowali, Toli Toli, Gorontalo, Manado, dan Naha. 

Selain itu, aksesibilitas lebih mudah. Penerbangan Batik Air dirancang untuk memangkas waktu perjalanan dan memendekkan jarak dengan kenyamanan akses. Menggunakan pesawat Airbus 320-200 dengan 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi, 

“Batik Air menawarkan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan. Perencanaan Perjalanan Tanpa Ribet

Booking tiket semakin mudah lewat aplikasi BookCabin dengan diskon khusus Rp 50.000. Penumpang juga 

dapat menikmati check-in online tanpa kesulitan dan berkesempatan untuk upgrade ke kelas bisnis,” ucap Danang. (jaf)

  • Bagikan