KONI Sulbar Usulkan Rp 9 Miliar, Samiran: Lokasi Pelaksanaan PON 2024 Agak Jauh

  • Bagikan
Wakil Ketua KONI Sulbar, Samiran

MAMUJU – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar, belum dapat memastikan besaran dana yang akan dipakai dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Anggaran baru akan dibahas bersama antara Pemprov Sulbar, KONI Sulbar dan DPRD Sulbar dalam waktu dekat ini. Namun, KONI Sulbar telah mengusulkan anggaran Rp 9 miliar kepada DPRD Sulbar, beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua KONI Sulbar, Samiran menyatakan, besaran anggaran yang diusulkan mempertimbangkan lokasi pelaksanaan PON yang begitu jauh.

“Anggaran yang kami usulkan kurang lebih Rp 9 miliar, karena tempat penyelenggaraan PON 2024 agak jauh dan baru pertama kali diadakan di dua provinsi (Aceh-Sumut),” kata Samiran, kepada Radar Sulbar, Minggu 19 November.

Namun, kata dia, KONI Sulbar masih menunggu agenda pembahasan anggaran dari tim Banggar DPRD Sulbar sebagai kelanjutan auidensi KONI Sulbar dengan DPRD Sulbar pekan lalu.

“Insya Allah dalam waktu yang tidak lama lagi panitia anggaran DPRD akan memberikan informasi kepada KONI Sulbar akan hal tersebut,” ujarnya.

Selain anggaran daerah, Samiran mengaku, KONI Sulbar juga membuka pintu bagi pihak swasta yang ingin berkontribusi dalam mendukung tim Sulbar melalui dana sponsorship.

Menurutnya, dukungan pihak swasta akan lebih baik bila mereka memberikan bantuannya melalui dana CSR.

“Sampai saat ini belum ada pembahasan dengan swasta. Masih dipikirkan bentuk pembicaraannya, yang nantinya melibatkan unsur pemerintah, KONI Sulbar dan pihak swasta,” terang Samiran.

Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi menuturkan, legislatif sangat mendukung setiap cabang olahraga yang berhasil berlaga di PON 2024. Pihaknya semaksimal mungkin bakal menyiapkan anggaran di tengah keterbatasan ruang fiskal Sulbar.

“APBD Sulbar tidak lagu seperti tahun sebelumnya. Tahun 2023 sebesar RP 2,2 triliun dan tahun 2024 hanya Rp 1,7 triliun. Tahun yang sama juga bakal ada Pilkada 2024, tentu kondisi ini juga menjadi pertimbangan,” bebernya.

Ia mengaku, alokasi anggaran yang diperuntukkan bagi KONI Sulbar di tahun 2024 sebenarnya sudah ada, namun nilainya belum sesuai yang diusulkan.

“Sebenarnya sudah ada alokasi anggaran tahun 2024 untuk KONI Sulbar sebesar Rp 5,4 miliar,” tandasnya.

Sekadar diketahui, ada 12 cabor di Sulbar yang telah berhasil meraih tiket PON Aceh-Sumut 2024. Tersisa satu tiket lagi yang diperebutkan di cabang panahan. (adv)

  • Bagikan