GM Hotel Maleo Mamuju Telah Buktikan Manfaat Program JKN

  • Bagikan
Narasumber: Arif Budi (53) GM Maleo yang telah membuktikan kemudahan layanan Program JKN, ia juga memuji berbagai kemudahan layanan dalam Program JKN.

MAMUJU, RADAR SULBAR – General Manager (GM) Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, Arief Budi (53), telah membuktikan secara langsung manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui operasi kecil pada salah satu kakinya.

Pengalaman itu ia dapatkan saat mengalami kecelakaan pada kakinya yang harus dioperasi karena terjepit oleh sepatu. Ia mengaku melakukan operasi kecil itu memanfaatkan layanan dari Program JKN. Menurutnya, selama menggunakan layanan Program JKN sangat mudah dan dilayani dengan baik.

“Pertama kali saya menggunakan layanan Program JKN untuk operasi kecil kaki saya karena terjepit sepatu,” ungkapnya pada kegiatan Bimbingan Teknis Dunia Usaha oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Graha Sandeq Provinsi Sulawesi Barat, (2/11).

Pria yang mengabdi pada industri perhotelan tersebut mengaku kemudahan layanan dalam Program JKN telah berkembang dengan baik. Karena dirinya sudah mengetahui dan mendengar sebelumnya bahwa digitalisasi pada Program JKN telah memberikan dampak bagi kemudahan layanan di fasilitas kesehatan.

“Semua layanan digital dari Program JKN sangat memudahkan, contohnya adalah antrean online yang telah saya ketahui sebelumnya,” ujarnya.

Salah satunya layanan antrean online yang memudahkan peserta JKN. Menurut Budi hal itu sangat memberikan dampak dari sisi efisiensi waktu. Karena dari efisiensi waktu tersebut tentu bermanfaat bagi peserta JKN yang memiliki aktivitas cukup padat.

“Jadi dari antrean online tersebut dapat menghemat waktu dan tidak terbuang hanya untuk antre di faskes saja,” sambungnya.

Sementara terkait dengan tenaga kesehatan dan fasilitas pendukungnya, menurut Budi walaupun dirinya menggunakan Program JKN tetap dilayani dengan baik, hal tersebut terlihat dari perawat dan dokter di rumah sakit sangat ramah dan melayani dengan sigap.

“Saya rasa dokter dan perawat yang melayani dalam proses operasi saya sudah melakukan tugasnya dengan baik,” lanjutnya.

Arief Budi yang akrab disapa Budi tersebut, sudah 12 tahun berkiprah di Grand Maleo Hotel & Convention. Dari pengalaman yang telah lama itu, dirinya juga selalu menjamin seluruh karyawannya kedalam Program JKN. Karena menurutnya jaminan kesehatan karyawan merupakan hal penting terkait dengan kesejahteraan pegawainya.

“Kami kebetulan telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Sulbar, tetapi jaminan kesehatan karyawan juga tetap kami percayakan kepada BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Hanya saja, menurut Budi, setiap karyawannya yang baru saja masuk tidak langsung diberikan jaminan kesehatan dalam Program JKN. Hal itu ia lakukan lantaran ingin mengetahui keberlangsungan kinerja dari karyawannya. Menurutnya hal itupun tidak terlalu lama dari jangka waktu pertama kali masuk kerja karyawan.

“Jadi apabila sudah bekerja lebih dari satu bulan, karyawan pasti akan segera kami daftarkan dalam Program JKN,” ucapnya.

Bersama Grand Maleo Hotel & Convention di Mamuju, banyak pengalaman karir dan sepak terjang yang ia lalui. Termasuk gempa bumi 15 Januari 2021 lalu yang menguncang Kabupaten Mamuju dan sekitarnya. Budi pun tetap memberikan jaminan kesehatan bagi karyawannya meskipun ada beberapa karyawannya yang tidak bekerja kembali.

“Manajemen hotel telah bekerja keras, akhirnya pada bulan ketiga tahun 2022 bisa buka kembali dan tetap memberikan jaminan kesehatan kepada karyawan kami,” ceritanya.

Pada akhirnya, Budi juga berharap Program JKN akan selalu memberikan layanan terbaiknya. Ia menginginkan layanan Program JKN agar bisa semakin mudah diakses, lebih cepat dan akurat.

“Semoga Program JKN bisa lebih simpel, seakurat mungkin dan memberikan kecepatan dalam pelayanan,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan