Layanan BPJS Keliling di Mamuju diserbu Casis Bintara Polda Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID – Kegiatan BPJS Keliling kembali diselenggarakan untuk membantu masyarakat melakukan pengurusan administrasi, perubahan data, ataupun pemberian informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan Keliling kali ini diselenggarakan di Kantor Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Polda Sulbar) (30/07).

Dalam kegiatan tersebut, terlihat sejumlah Calon Siswa Bintara Polda Sulbar menyerbu petugas BPJS Kesehatan yang sedang melakukan pelayanan.

“Layanan BPJS Kesehatan Keliling rutin dilakukan dan dijadwalkan keliling mulai dari instansi pemerintah, pusat perbelanjaan hingga beberapa titik untuk menjangkau layanan kepada masyarakat,” ungkap St. Umrah Nurdin, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju dalam kesempatan terpisah.

Umrah menginginkan peserta JKN merasakan kemudahan dalam pengurusan administrasi BPJS Kesehatan. Layanan BPJS Kesehatan Keliling menawarkan berbagai layanan adminstrasi, di antaranya pendaftaran baru atau peralihan bagi kepesertaan JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Seperti layanan saat ini yang dilakukan kepada Calon Siswa Bintara Polda Sulbar.

“Semoga dengan kehadiran BPJS Kesehatan keliling di Polda Sulbar dapat membantu para calon siswa untuk mengurus peralihan atau pendaftaran baru sebagai peserta JKN segmen PPU untuk Polisi,” tuturnya.

Sebagai informasi, sebanyak 364 calon siswa Bintara Polda Sulbar lulus menjadi calon abdi negara. Karena akan menjadi calon abdi negara maka banyak calon siswa yang ingin beralih kepesertaannya.

Oleh karena itu Umrah berharap melalui salah satu kanal BPJS Kesehatan ini bisa efektif memberikan kemudahan bagi para calon abdi negara yang ingin mengubah atau mendaftarkan kepesertaan JKN.

“Kemudahan layanan jemput bola yang diberikan agar dimanfaatkan dengan baik, sehingga calon siswa Bintara tidak perlu lagi hadir ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan data atau pendaftaran kepesertaan,” harapnya.

Hadirnya BPJS Kesehatan keliling itu pun mendapatkan respon positif dari Calon Siswa Bintara Polda Sulbar. Salah satunya adalah Darmawanto, sebagai angkatan 49 Polda Sulbar yang mengapresiasi kehadiran BPJS Kesehatan. Karena Ia mengaku tidak repot lagi harus ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan peralihan kepesertaannya.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah datang ke Polda Sulbar, karena saya bisa mengubah data langsung disini, tanpa harus ke kantornya lagi,” jelasnya.

Darmawan juga tak lupa berpesan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN agar segera mendaftar dalam program yang sangat mulia ini.

“Apabila belum terdaftar segera daftar menjadi peserta JKN, apabila kepesertaan JKN tidak aktif langsung bisa datangi BPJS Keliling seperti yang saya lakukan,” ucapnya.

Selain melakukan kegiatan pelayanan kepesertaan, BPJS Kesehatan Keliling Cabang Mamuju juga melakukan sosialisasi penggunaan Aplikasi Mobile JKN sekaligus mengedukasi kepada calon siswa Bintara untuk melakukan skrinning riwayat kesehatan.

“Saya juga terbantu dengan adanya layanan ini, karena bisa mendapatkan ilmu baru terkait dengan aplikasi mobile JKN beserta skrinning riwayat kesehatan,” tambahnya.

Dari aplikasi mobile JKN pun akhirnya ia mengetahui bahwa apabila ingin berobat menggunakan layanan Program JKN bisa menggunakan Handphone saja. Hal tersebut menurut Darmawan sangat mudah dan cepat.

“Setelah mengetahui adanya Aplikasi Mobile JKN yang cukup mudah, akhirnya nanti saya bisa antre hanya melalui handphone saya,” ujarnya.

Pada akhirnya, Darmawan berharap agar BPJS Kesehatan selalu hadir memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat. Karena hingga saat ini Darmawan merasakan BPJS Kesehatan sudah banyak membantu masyarakat yang membutuhkan. Terutama masyarakat menengah kebawah yang sangat membutuhkan program ini.

“Semoga BPJS Kesehatan selalu hadir dan ada pada saat masyarakat membutuhkan pengobatan yang biayanya semakin mahal bila dibayarkan secara pribadi,” tutupnya. (*)

  • Bagikan