Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen di Kuartal II/2023

  • Bagikan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut keren atas pencapaian ekonomi RI yang dinilainya sangat baik. (Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA, RADARSULBAR.CO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal II/2023 sebesar 5,17 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy). Bahkan, tercatat tumbuh di atas 5 persen sepanjang 7 kuartal berturut-turut.

Merespons hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut keren atas pencapaian ekonomi RI yang dinilainya sangat baik. Terutama di tengah negara lain yang justru mengalami perlemahan ekonomi.

“Kereeen habis..! Ini suatu pencapaian sangat baik, pada saat banyak negara lain justru mengalami perlemahan ekonomi. Lihat Proyeksi Ekonomi IMF untuk negara maju G7 yang sangat rendah,” kata Sri Mulyani dalam unggahan di Instagram resminya, Selasa (8/8).

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan pertumbuhan Kuartal II/2023 Indonesia disumbangkan oleh Konsumsi RT yang tumbuh tinggi sebesar 5,23 persen. Selain itu karena keberhasilan pemerintah menurunkan inflasi menjaga daya beli rakyat dan confidence konsumen.

Di antaranya, bantuan sosial (bansos) tambahan membantu mereka yang tidak mampu serta didukung kegiatan Idul fitri. Kemudian, investasi tercatat menguat 4,63 persen didukung kebijakan dan insentif pemerintah untuk mendorong investasi.

Belanja Pemerintah yang melonjak sebesar 10,62 persen melalui APBN mendorong kegiatan ekonomi. Ekspor tumbuh negatif 2,75 persen menggambarkan perlemahan ekonomi global, dan impor minus 3,08 persen,

“Pertumbuhan secara spasial/daerah juga merata. Jawa tumbuh 5,18 persen, Sumatera 4,90 persen, Kalimantan 5,56 persen, Sulawesi 6,64 persen, Bali Nuasa Tenggara 3,01 persen, dan Papua 6,35 persen. Berbagai pembangunan infrastruktur mendorong pemerataan pembangunan,” jelas Sri Mulyani.

Bendahara Negara ini berkomitmen untuk menjaga momentum pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Fokus terus ciptakan lapangan kerja, menurunkan pengangguran, memberantas kemiskinan, stunting, mengurangi kesenjangan dan menciptakan kesejahteraan yang adil dan merata.

Dia mengatakan, APBN #uangkita sehat bekerja keras melindungi rakyat, dan mendukung ekonomi yang tumbuh berkualitas, merata serta berkelanjutan.

“Indonesia harus terus maju..! Indonesia bisa maju ..! Jaga terus kinerja baik Indonesia..!,” tandasnya. (jpg)

  • Bagikan