PJ Gubernur Sulbar Audiensi BKKBN, Komitmen Atasi Stunting

  • Bagikan

JAKARTA, RADARSULBAR.CO.ID –Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat Nuryamin, Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi melakukan audiensi dengan Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo di Kantor BKKBN RI Jakarta Timur, Senin 13 Juni 2023.

Audiensi tersebut, selain melakukan silaturahmi sekaligus komitmen pemerintah dalam melakukan koordinasi terkait percepatan penurunan stunting di Sulawesi Barat.

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo menjelaskan, salah satu faktor penyebab terjadinya stunting adalah kekurangan gizi sebelum dan memasuki masa kehamilan. Disinilah pentingnya pendampingan terhadap calon pengantin dan pendampingan keluarga berisiko stunting.

“Pendampingan catin ini harus terus kita kawal  agar catin dapat menjaga kesehatan dan memastikan nutrisi yang dikonsumsi terpenuhi agar kelak tidak melahirkan anak stunting, ujarnya,” ujar Hasto.

Dikatakan pula, dalam mengatasi stunting di Indonesia sebaiknya mengedepankan pencegahan stunting ketimbang memperbaiki anak yang sudah stunting menjadi tidak stunting.

Untuk itu pihaknya menyiapkan anggaran dalam bentuk DAK fisik dan non fisik yang digelontorkan setiap tahunnya melalui OPD Kabupaten salah satunya untuk percepatan penurunan stunting.

Penggunaan dan penyerapan anggaran DAK juga perlu menjadi perhatian bersama, terutama pemerintah daerah dalam hal ini provinsi dan kabupaten setempat diharapkan aktif dalam berkoordinasi dengan OPD serta dapat mengawal serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap serapan atau penggunaan anggaran DAK di Kabupaten untuk dapat betul-betul tepat sasaran.

Pj. Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, berkomitmen dalam melakukan percepatan penurunan stunting di Sulbar, salah satunya dengan mengajak seluruh ASN Sulawesi Barat menjadi orang tua asuh anak stunting dan memantau langsung penyerapan anggaran BOKB dan Dana Alokasi Khusus (DAK) baik fisik maupun non fisik hingga dapat terserap 100 persen dan memastikan anggaran tersebut tepat sasaran. (*)

  • Bagikan