Tahapan Seleksi Calon Anggota Bawaslu, Minim Pendaftar Perempuan

  • Bagikan
PENDAFTARAN. Proses pendaftaran calon anggota Bawaslu kabupaten di Sulbar, di sekretariat timsel, beberapa waktu lalu.

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID – Sebanyak 254 orang dinyatakan telah terdaftar untuk mengikuti serangkaian tahapan seleksi calon anggota Bawaslu kabupaten di Sulbar.

Hal tersebut disampaikan Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Kabupaten di Sulbar, usai masa pendaftaran resmi ditutup pada Rabu 7 Juni, lalu.

Kendati demikian, timsel memberi sinyal bakal memperpanjang masa pendaftaran khusus di empat kabupaten karena tidak mencukupi batas minimum kuota pendaftar perempuan.

Kabupaten yang dimaksud adalah Polewali Mandar (Polman), Mamasa, Mamuju Tengah (Mateng) dan Pasangkayu. Sedangkan Mamuju dan Majene sudah dianggap cukup.

Ketua Timsel, Muchtadin Al Attas mengaku, ada 254 orang telah mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu kabupaten. Rinciannya 217 orang laki-laki dan 37 orang perempuan. Pengumuman perpanjangan pendaftaran di empat Kabupaten dimulai pada 12-15 Juni.

“Kami tidak bisa pastikan apa penyebab minimnya pendaftar perempuan, karena kami sudah maksimalkan sosialisasi,” kata Muchtadin, kemarin.

Menurutnya, jika merujuk juknis, timsel memerlukan jumlah pendaftar minimal delapan kali kebutuhan.

“Minimal pendaftaran itu 24 orang setiap kabupaten. Kalau di Polman itu khusus, karena di sana kita butuh lima orang anggota bawaslu, jadi kita sesuai delapan kali kebutuhan dengan total minimal 40 orang,” jelasnya.

Ia menyebutkan, pendaftaran di hari terakhir sempat mengalami gangguan pada sistem Media Rekrutmen Bawaslu (Mr Bawaslu) sehingga para peserta diarahkan untuk mendaftar manual.

“Terjadi penumpukan pendaftar diwaktu yang sama, sehingga sistem sempat gangguan tapi pendaftaran tetap kami terima secara manual sebelum waktunya habis,” jelas Muchtadin.

Anggota Timsel, Sulfa Sulo menuturkan, perempuan yang mendaftar di Bawaslu Polman hanya tujuh orang. Pasangkayu tiga orang dan Mateng empat orang, Majene sembilan orang dan Mamuju 14 orang. Sementara Mamasa sama sekali tidak ada pendaftar perempuan.

“Jika perpanjangan telah dibuka, namun persentase perempuan belum mencukupi proses seleksi tetap dilanjutkan,” tuturnya.

Saat ini, kata dia, timsel tengah melakukan verifikasi administrasi (vermin) dan perbaikan berkas pendaftaran hingga Sabtu 10 Juni.

“Penerimaan saat ini ada tiga metode, pertama pengumpulan berkas langsung, kedua mengirim lewat email agar yang jauh bisa mengirim lewat email dan diupload di website yang terhubung langsung ke Bawaslu,” ungkap Sulfan. (ajs/*)

  • Bagikan