Bawaslu Sulbar Tingkatkan Kemampuan Pengawasan Panwaslu Desa

  • Bagikan
Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat.

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat meningkatkan kemampuan pengawas pemilu (panwaslu) desa/kelurahan di Sulbar.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulbar Fitrinela Patonangi di Mamuju, Rabu (31/5), mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan rapat koordinasi untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengawas pemilu tingkat desa dan kelurahan di Sulbar.

Fitrinela Patonangi mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan setiap pengawas pemilu tingkat desa dan kelurahan agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Menurut dia, setiap pengawas pemilu maupun yang mengelola kelembagaan, bawaslu baik provinsi maupun kabupaten, harus tetap menggunakan rasa dan jiwa dalam melakukan pengawasan pemilu, bukan hanya mengandalkan pola pikir untuk menjaga kualitas pengawasan.

“Dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu, dibutuhkan soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas yang baik untuk menyukseskan pengawasan pemilu,” ujarnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulbar Usman Sanjaya meminta agar bawaslu setiap kabupaten di Sulbar juga terus memberikan pengarahan dan penguatan bagi pengawas pemilu tingkat kecamatan dan kelurahan/desa untuk meningkatkan kemampuannya melakukan pengawasan pemilu.

“Khusus bagi panwaslu kelurahan/desa, mesti memahami karakteristik wilayahnya masing-masing, aktif berkoordinasi dengan aparatur pemerintahan, khususnya di tahapan penyusunan daftar pemilih saat ini,” ujarnya.

Ia berharap koordinasi dan konsolidasi antara bawaslu kabupaten dan panwaslu kecamatan terus berjalan dalam mengawal pelaksanaan tahapan pemilu sehingga setiap pengawasan tahapan pemilu bisa berjalan sukses.

“Peningkatan kapasitas bagi jajaran kesekretariatan dalam memberikan dukungan teknis dan administratif harus terus-menerus sehingga pelaksanaan tugas pengawasan lebih optimal,” ujarnya. (antara)

  • Bagikan