Pesantren Ramadan Keren, Tanamkan Kepekaan Sosial Sejak Dini

  • Bagikan
LOMBA. Sejumlah murid SD Negeri 4 Mamuju mengikuti lomba hafalan surat pendek, di SD Negeri 4 Mamuju Jumat 6 April 2023.--Rezki Amaliah/Radar Sulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID — SD Negeri 4 Mamuju menggelar sejumlah rangkaian kegiatan Pesantren Ramadan Keren (Smartren). 

Selain mempelajari ilmu agama, para murid juga diajak untuk berbagi terhadap sesama, melalui pemberian bantuan ke panti asuhan dan berbagi takjil. 

Kepala SD Negeri 4 Mamuju, Iqbal Salman mengatakan, selain sebagai sarana introspeksi diri, momentum Ramadan juga merupakan bulan edukasi bagi peserta didik, terutama dalam hal meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial. 

“Kami mengajak anak didik kami untuk ikut serta dalam pemberian bantuan ke panti asuhan yang ada di Mamuju, yaitu panti asuhan Muhammadiyah, Campaloga Kali Mamuju dan panti asuhan Haqqul Yakin, dan dilanjutkan dengan berbagi takjil,” kata Iqbal saat dikonfirmasi, Jumat (7/4). 

Kegiatan lainnya, lanjut Iqbal, para murid juga diberikan materi terkait keagamaan, dan mengikuti sejumlah lomba, yakni lomba cerdas cermat, adzan dan hafalan surat pendek. Menurutnya, hal tersebut dapat melatih kepercayaan murid tampil di depan umum. 

“Pesantren Kilat Ramadan Keren ini diikuti kelas empat, lima dan enam, sementara kelas satu, dua dan tiga itu kami siapkan lomba mewarnai,” ujar Iqbal.

Iqbal berharap, dari rangkaian kegiatan Smartren, mampu menumbuhkan semangat para murid dalam beribadah, serta dapat mengamalkan ilmu agama yang diperoleh dari kegiatan tersebut, dalam kehidupan sehari hari. 

“Kami tutup rangkaian kegiatan dengan buka puasa bersama, untuk memperkuat silaturahmi antar warga sekolah,” tutup Iqbal. (rzk/sol)

  • Bagikan