Calon PPIH Sulbar Ikuti CAT, Ahmad Barambangy: Kuota untuk Lingkup Kanwil Kemenag Sulbar Ada Sebelas

  • Bagikan
Peserta calon PPIH lingkup Kanwil Kemenag Sulbar, mengikuti tes CAT di Asrama Haji Mamuju, Rabu 25 Januari 2023. --Rezki Amaliah/Radar Sulbar--

MAMUJU, RADAR SULBAR – Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023, serentak di seluruh Indonesia.

Kepala Bidang Pelaksana Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar, Ahmad Barambangy mengatakan, rekrutmen PPIH di Sulbar, dilaksanakan di masing-masing kabupaten dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Ada dua PPIH. PPIH kloter atau petugas kloter dan PPIH Arab Saudi atau petugas non-kloter,” kata Ahmad, saat ditemui di lokasi pelaksanaan CAT, di Asrama Haji Mamuju, Rabu 25 Januari.

Ia mengungkapkan, PPIH Kloter dan non-kloter memiliki tugas memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji, di Indonesia dan Arab Saudi, selama masa operasional penyelenggaraan ibadah haji.

“Kuota untuk lingkup Kanwil Kemenag Sulbar ada sebelas, enam petugas kloter dan lima non-kloter. Sebelumnya peserta telah melalui seleksi administrasi dan yang masuk ke tahap CAT ada 61 orang,” jelas Ahmad.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Kanwil Kemenag Sulbar, Suharli menyampaikannya, rekrutmen PPIH dilakukan secara terbuka dan kompetitif, demi memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik.

“Kami berharap, rekrutmen ini bisa menghasilkan petugas yang berkualitas, dan tahapan rekrutmen bisa berjalan baik dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas,” tandas Suharli. (rzk/jsm)

  • Bagikan