Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Meluncur

  • Bagikan

RADAR SULBAR – Suzuki Maruti di India resmi meluncurkan Suzuki Jimny versi 5 pintu lewat gelaran Auto Expo di New Delhi India. Mobil yang banyak dikenal dengan kemampuannya di medan offroad ini memang sudah lama dinanti kehadirannya.

Bila melihat tampilan luarnya tidak ada pperubahan yang signifikan dengan Jimny versi 3 pintu, pastinya ada penambahan kaca jendela serta pintu samping dibaris kedua. Sedangkan pada kaca bagian belakang dibuat lebih pendek dibanding Jimny versi 3 pintu.

Masuk kedalam interiornya Suzuki membenamkan head unit layar sentuh sembilan inchi, ini lebih besar daripada Jimny tiga pintu yang dijual di Indonesia yang hanya menggunakan head unit 6,8 inchi.

Melansir dari laman resmi Suzuki, desain Jimny lima pintu pastinya lebih panjang, memiliki dimensi panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm dengan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.590 mm.

Dengan konfigurasi tersebut maka jarak sumbu roda lebih panjang menjadi 340 mm, ini membuat kabin akan terasa lebih lega. Berbicara dapur pacu, Suzuki membekali dengan mesin bensin 1.500 cc yang mengacu pada unit K15B.

Mesin ini sama dengan Jimny tiga pintu dan diklaim mampu menghasilkan tenaga 102 hp dan torsi 130 Nm. Suzuki juga masih menawarkan konfigrasi sistem penggerak AllGrip 4WD, yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 speed dan transmisi otomatis 4 speed.

Teknologi AllGrip diklaim sudah dilakukan pembaharuan sehingga mobil ini mampu menaklukkan medan offroad yang ektrem sekalipun. Pengemudi bisa berpindah dari posisi 2H ke 4H dengan mulus. Sedangkan gear 4L membuat Jimny 5 pintu ini mempunyai torsi dan traksi maksimal untuk menaklukkan medan offroad.

Mobil pabrikan India mempunyai bangku belakang yang mampu menampung hingga tiga penumpang dengan kapasitas bagasi mencapai 208 liter yang dapat diperluas menjadi 332 liter bila bangku belakang dilipat.

Jimny dengan lima pintu tersedia dalam tiga model, yakni 2WD-high, 4WD-high, dan 4WD-low. Mobil yang diproduksi di pabrik Gurugram ini telah mulai menerima pesanan dan akan dijual di bulan Mei 2O23 dan juga akan diekspor ke sejumlah negara termasuk di Afrika, Australia, dan Amerika Latin.

Sayang Indonesia belum ada catatan negara tujuan ekspor, namun biasanya bila ada permintaan yang cukup banyak bukan tidak mungkin Suzuki Jimny 5 pintu akan mendarat di Indonesia. (jpg)

  • Bagikan