Jepang vs Kroasia: Belajar dari Jerman dan Spanyol, Vatreni Tak Mau Remehkan Samurai Blue

  • Bagikan

RADAR SULBAR – ​​​​​​Jepang telah mengukir salah satu kisah fenomenal dalam Piala Dunia setelah tanpa diduga berhasil menaklukkan dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol di fase grup Piala Dunia 2022. Lawan mereka berikutnya, Kroasia, bertekad tidak mau menganggap remeh.

Sekalipun tampil gemilang, bahkan sukses menjadi juara grup, penyerang Jepang Takuma Asano menyatakan timnya belum mencapai apa pun.

Pemain sayap Jepang ini mencetak gol kemenangan yang mengagumkan ketika Samurai Biru menumbangkan Jerman.

“Kini saya merasa ini adalah Piala Dunia yang hebat. Tapi kami belum mencapai apa pun, jadi jujur saja, menurut saya semuanya baru dimulai dari sekarang,” kata Asano seperti.

Berbeda dengan Asano, gelandang serang Daichi Kamada yang menjadi starter dalam ketiga pertandingan fase grup malah beranggapan bahwa fakta timnya keluar dari ‘Grup Neraka’ sebagai juara grup adalah bukti bahwa mereka bisa mengalahkan siapa pun.

“Kami berhasil menjuarai grup yang sangat sulit ini. Kami melaju ke babak berikutnya sebagai pemuncak grup, sedangkan Kroasia melaju sebagai runner up. Mereka memiliki banyak pemain bagus, dan mereka tim yang bagus.”

“Tapi tim kami juga hebat, jadi saya pikir kami memiliki peluang besar untuk menang,” sambung Kamada.

Kroasia sendiri mengaku terkejut oleh apa yang sudah dilakukan Jepang selama fase grup, terutama setelah mengalahkan Jerman dan Spanyol, di mana dalam dua laga tersebut persentase penguasaan bola Jepang hanya 26 persen dan 17 persen. Fakta ini membuat pasukan Vetreni, sebutan Kroasia, tidak akan meremehkan Samurai Blue.

“Mereka telah membuktikan bahwa nama besar itu bukan segalanya. Sebaliknya, keteguhan hati dan keberanian yang lebih penting. Mereka pantas mendapatkannya dan menunjukkan kualitasnya,” kata gelandang Kroasia Lovro Majer.

Kroasia yang runner up Piala Dunia 2018 mungkin lebih difavoritkan memenangkan laga ini, tetapi Majer menyatakan fakta Jepang bisa menumbangkan Jerman dan Spanyol adalah pesan bahwa mereka adalah musuh yang tangguh.

  • Bagikan