Beragam Lomba Warnai Sumpah Pemuda

  • Bagikan
FOTO BERSAMA. Kepala SDN 060 Pekkabata bersama guru dan siswa foto bersama usai mengikuti upacara sumpah pemuda ke 94 di Halaman sekolah, Jumat 28 Oktober 2022.

POLEWALI, RADARSULBAR – SDN 060 Pekkabata Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali, Polman memperingati hari sumpah pemuda ke 94, Jumat 28 Oktober. Selain upacara bendera, peringatan sumpah pemuda di sekolah ini diwarnai berbagai lomba literasi bertemakan kepahlawanan.

Kepala SDN 060 Pekkabata, Sitti Nurwana mengatakan selain mengelar upacara bendera dimana siswa berpakaian adat dan profesi, pihak sekolah juga mengadakan berbagai lomba literasi. Untuk kelas awal satu sampai tiga diadakan lomba mewarnai gambar, bercerita dan menyanyi. Sementara untuk kelas lanjutan ada lomba bercerita dan baca puisi.

“Kami sengaja mengadakan berbagai lomba dalam rangka peringatan sumpah pemuda. Lombanya bertemakan kepahlawanan sehingga siswa dapat memahami dan mengetahui perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu untuk menumbuhkan semangat juang bagi generasi bangsa,” ujar Sitti Nurwana.

Lomba ini bertujuan memberikan wawasan, pemahaman dan pendidikan karakter kepada para siswa. Sehingga literasi terwujud dan terlaksana bagi siswa di sekolah ini.

Sementara upacara bendera peringatan sumpah pemuda siswa berpakaian adat tujuannya untuk membuktikan bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya. Keragaman itu menunjukkan kekayaan budaya Indonesia yang harus dijaga kelestariannya.

“Siswa berpakaian profesi menunjukkan peserta didik memiliki cita-cita yang merdeka sebagai penerus bangsa,” ujarnya.

Saat pelaksanaan upacara, Kepala SDN 060 Pekkabata Sitti Nurwana selaku pembina upacara membaca sambutan Menpora RI Zainuddin Amali. Dalam sambutan Mempora menyatakan peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. (mkb)

  • Bagikan