Kemenkes Sebar Obat Gagal Ginjal Akut ke Rumah Sakit

  • Bagikan
Ilustrasi obat sirop.

JAKARTA, RADARSULBAR – Obat gagal ginjal akut telah disebar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes) atau rumah sakit.

Obat gagal ginjal akut didistribusikan ke faskes yang merawat pasien gagal ginjal akut.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan penyaluran obat gagal ginjal akut tersebut untuk mempercepat pemulihan pasien.

“Jadi didistribusikan ke faskes yang melakukan perawatan,” katanya, Selasa, 25 Oktober 2022.

Namun, dia belum dapat merinci alokasi obat penawar (antidotum) ginjal akut yang akan diterima di DKI Jakarta.

Sebab obat tersebut langsung dipasok ke fasilitas kesehatan.

“Karena langsung ke faskes yang akan melakukan perawatan. Mungkin bisa nanti teman-teman di Kemenkes yang bisa menyampaikan,” ucapnya.

Sejak Januari hingga 24 Oktober 2022, Widyastuti menerima laporan sebanyak 90 kasus gangguan ginjal akut yang sebagian besar menimpa anak-anak berusia di bawah enam tahun di Jakarta.

Dari jumlah itu, hampir 50 persen di antaranya meninggal dunia, kemudian sembuh sebanyak 15 persen dan 26 persen dirawat.

Dia menjelaskan sebanyak 26 persen pasien yang dirawat itu ditangani rumah sakit di antaranya rumah sakit vertikal milik Pemerintah Pusat.

Adapun rumah sakit rujukan di Jakarta, yakni RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan RS Anak dan Bunda Harapan Kita.

Untuk di DKI Jakarta, Dinas Kesehatan menambah kapasitas perawatan intensif untuk anak-anak (PICU) termasuk penanganan gangguan ginjal akut dari 197 tempat tidur menjadi 219 kapasitas tempat tidur.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan akan mempercepat kedatangan obat penawar atau antidotum Fomepizole untuk pengobatan pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal atau Acute Kidney Injuries (AKI).

Obat antidotum ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien.

Berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 10 dari 11 pasien AKI yang mengonsumsi obat sirop yang diduga tercemar senyawa kimia tertentu berangsur membaik kondisinya setelah meminum obat Fomepizole selama dalam perawatan di rumah sakit rujukan RSCM.

“Kita bisa simpulkan bahwa obat ini (Fomepizole) memberikan dampak positif dan kita akan mempercepat kedatangannya ke Indonesia sehingga anak-anak bisa terselamatkan,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers di Istana Negara, Senin 24 Oktober 2022.

Indonesia telah mendatangkan Fomepizole dari Singapura.

Selanjutnya, pemerintah berencana akan mendatangkan obat itu dari Australia, Amerika Serikat, dan Jepang.

Selanjutnya RSCM akan mendistribusikan ke rumah sakit pemerintah yang merupakan rujukan di provinsi.

  • Bagikan