Layanan BPJS Kesehatan Semakin Mudah

  • Bagikan
LAYANAN MCS. Salah seorang warga mendatangi layanan Mobil Costumer Service (MCS) untuk mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan secara langsung. --IST–

POLEWALI RADAR SULBAR —  Masyarakat Polewali Mandar (Polman) yang tidak sempat atau tidak banyak waktu untuk datang mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kantor BPJS Kesehatan. Sekarang dapat dengan mudah mendapatkan layanan di luar pelayanan kantor karena ada pelayanan lewat Mobil Costumer Service (MCS). Pelayanan MCS ini mendatangi beberapa daerah untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Polewali, Rosdiana Nasir menjelaskan bahwa mobil tersebut memang diperuntukkan untuk keluar melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang tidak sempat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan.  Namun pihaknya tidak dapat melayani seluruh wilayah secara bersamaan.

Pihaknya menjadwalkan pelayanan MCS di beberapa tempat untuk memberikan layanan. Bahkan pihaknya  meminta aparat desa untuk menjadwalkan di daerah masing masing dengan jalan mengumpulkan warganya untuk diberikan pelayanan.

“Namun jika tidak ada jadwal dari desa terkadang kami gilir ke pasar atau tempat keramaian. Namun  kami mengalami kendala karena data yang dibutuhkan masyarakat tidak siapkan. Karena mereka ke pasar hanya untuk kepentingan berbelanja. Walaupun demikian ada juga warga yang hanya mengunjungi loket di mobil sekedar menanyakan apa yang mereka butuhkan. Misalnya jika nama atau tanggal lahir berbeda dengan yang tercetak di kartu,” ujar Rosdian Nasir yang akrab disapa Bu Ros ini.

Selain itu, ada juga peserta yang hanya iseng menanyakan tunggakan yang dimilikinya. Karena mereka merasa sudah lama tidak pernah membayar. Tidak sedikit yang menanyakan bagaimana cara agar terdaftar sebagai peserta yang gratis atau yang dibayarkan oleh pemerintah.

Salah seorang warga Muhammad yang sempat mendatangi mobil customer service BPJS Kesehatan menyampaikan bahwa kartunya sudah lama tidak pernah digunakan. Apakah masih berlaku atau tidak dan ternyata miliknya tetap aktif dan dapat dilayani di fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan.

“Dengan demikian bapak yang kebetulan akan berbelanja di pasar merasa sangat puas atas adanya layanan lewat mobile customer service. Karena apa yang selama ini selalu dipikirkan untuk ditanyakan namun merasa susah mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan karena kesibukan mencari nafkah. Namun saat ini beliau sudah merasakan pelayanan masyarakat yang terbaik,” pungkasnya. (adv/mkb)

  • Bagikan