Disnaker Sulbar Gelar Job Fair Virtual 2022

  • Bagikan
FOTO BERSAMA. Sekprov Sulbar Muhammad Idris dan Kepala Disnaker Sulbar Muhammad Ali Chandra foto bersama dengan peserta.

MAMUJU, RADARSULBAR — Indonesia memasuki puncak bonus demografi pada tahun 2030 mendatang. Di masa itu, jumlah penduduk berusia produktif akan lebih banyak dibandingkan penduduk non produktif.

Setiap daerah diminta bersiap menyambut kemungkinan tersebut, dengan menyediakan lapangan kerja dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Tak terkecuali di Sulbar. Senin 26 September 2022, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sulbar bekerjasama dengan Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI menggelar Job Fair 2022 secara virtual, di Grand Maleo Hotel and Convention Mamuju.

Kegiatan tersebut untuk mewadahi perusahaan-perusahaan di Sulbar bertemu dengan para pencari kerja profesional. Sedikitnya ada 35 lowongan pekerjaan yang dibuka oleh 12 perusahaan.

“Peserta (pencari kerja) ada 253 orang. Pendaftaran melalui aplikasi yang disediakan. Kami hanya menjembatani pencari kerja dan perusahaan,” kata Kepala Disnaker Sulbar Mochamad Ali Chandra.

Ali Chandra mengaku, pihaknya juga masih akan mendorong Balai Latihan Kerja (BLK), sehingga benar-benar menjadi wadah peningkatan SDM. “Kita harap, pencari kerja dari Sulbar itu bisa bersaing,” ungkapnya.

Sekprov. Sulbar Muhammad Idris, mengatakan job fair ini merupakan kegiatan yang pertama digelar secara online. Tujuanya untuk membangun ekosistem ketenagakerjaan di Sulbar. 

“Sulbar itu pengganguran terbukanya tinggi sementara pasar kerja terbatas. Sehingga, dengan adanya job fair dapat mendorong untuk membuka akses pencari kerja dengan perusahaan,” kata Idris usai membuka job fair di Hotel Maleo Mamuju, Senin 26 September 2022.

Idris menambahkan, job fair juga merupakan bagian untuk menyiapkan tenaga terampil yang siap untuk bekerja nantinya. Sekaligus untuk kebutuhan IKN. Apalagi IKN membutuhkan berbagai tenaga terampil kedepan.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Sandy mengatakan, tujuan job fair dilaksanakan untuk mengurangi angka pengangguran; memberikan peluang kesempatan kerja; dan mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja secara virtual.

“Peserta yang berpartisipasi dalam job fair ini merupakan perusahaan di Sulbar. Lowongan meliputi berbagai sektor lapangan usaha, yaitu, lembaga keuangan, konstruksi, dan marketing. Kita juga melaksanakan talkshow pada kegiatan ini,” ujarnya.

Adapun perusahaan yang berkontribusi dalam job fair virtual 2022 adalah, PT. Mandala Multifinance, PT. HUB Makassar, PT. Mahawirya Makmur Sentosa, PT. Hadji Kalla, PT. BFI Finance Indonesia, PT. Mandiri Utama Finance, PT. Swapro International,  PT. Sinar Mitra Sepadan, PT. Tracon Industri, PT. Zafaran Grup Indonesia, PT. Mandiri Taspen dan PT. Amartha Mikro Fintek. (ian)

  • Bagikan