Puluhan Rumah di Desa Mombi Terancam Abrasi Sungai Mandar

  • Bagikan
ABRASI. Puluhan rumah di Dusun Sombiri Desa Mombi Kecamatan Alu Kabupaten Polman terancam abrasi Sungai Mandar.--IST–

POLEWALI, RADARSULBAR – Abrasi Sungai Mandar mengancam Puluhan rumah di Dusun Sombiri Desa Mombi Kecamatan Alu Kabupaten Polewali Mandar. Jarak rumah dengan bibir sungai sisa satu hingga dua meter lagi.

Camat Alu, Aging menyebutkan, sekira 20 rumah warga terancam. Bahkan kata dia, sudah ada fasilitas jalan dan tiang listrik roboh akibat tergerus abrasi. Jika kondisi ini dibiarkan maka dalam waktu dekat puluhan rumah tersebut tergerus.

“Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah agar mengatasi abrasi sungai ini. Ada sekira 20 rumah warga dan sebuah fasilitas masjid terancam ambruk jika tidak ditangani secepatnya. Kami sangat berharap ada perhatian dari pemerintah khususnya pihak Balai Sungai Wilayah Sulawesi agar segera mengatasi masalah abrasi ini. Jika tidak mengancam pemukiman warga kami di Dusun Sombiri Desa Mombi,” terang Angin, Rabu 14 September 2022. 

Ia mengaku sudah melaporkan kondisi ini ke pihak perwakilan Balai Wilayah Sungai di Mamuju saat peristiwa banjir yang pertama dan telah dilakukan peninjauan bersama BPBD Polman. Namun baru baru ini terjadi lagi banjir dan belum ada tindak lanjut. 

“Pihak Balai pernah melakukan survei di bantaran Sungai Mandar tepatnya di Desa Mombi bersama BPBD tanggal 5 Juli 2022 lalu. Tetapi hingga saat ini belum ada penanganan lebih lanjut. Jika tidak ditangani secepatnya pemukiman warga semakin tergerus,” tandasnya. (mkb/jaf)

  • Bagikan