Unasman Kembali Jadi Pendamping SMK-PK

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR — Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) kembali dipercaya sebagai Pendamping SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) tahun 2022. 

Pendamping SMK-PK. Ini merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja. 

Pendampingan SMK PK tahun 2022 dimulai dengan melakukan Forum Group Discussion (FGD) di Kampus Unasman Polewali Mandar Selasa 9 Agustus.  FGD dihadiri Rektor Unsulbar Dr. Chuduriah Sahabuddin dan lima kepala sekolah yang menjadi dampingan Unasman dalam program SMK-PK  2022. 

Lima SMK yakni SMKN 1 Mamasa, SMKN 1 Labuang Polewali Mandar, SMKN Bulo Polewali Mandar, SMKN Balanipa dan SMKN Sulbar.  Selain kepala sekolah FGD juga dihadiri pengawas sekolah dan Ketua  MKKS Mamuju, Mamasa dan Polewali Mandar. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar yang diwakili Kepala Cabang Dinas Wilayah I Rostina mengatakan program SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi  keahlian tertentu dalam meningkatkan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja.  

Selain itu, Rostina mengharapkan agar perguruan tinggi Unasman dapat menjadi pendamping SMK-PK guna memberikan rekomendasi dan masukan terkait peningkatan kualitas sekolah dan PT terutama untuk kebutuhan dunia kerja dan juga wirausaha supaya berjalan selaras.

FGD dibuka langsung Rektor Unasman Dr, Chuduriah Sahabuddin. Dalam kesempatan tersebut Chuduriah mengatakan sangat senang dan bangga Unasman kembali dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Vokasi  menjadi pendamping SMK PK tahun 2022. 

Menurutnya, tugas perguruan tinggi antara lain mendampingi sekolah dalam mencapai target  luaran, hasil, dan dampak (output, outcome,  impact) yang diinginkan sesuai dengan keahlian yang dimiliki perguruan tinggi.  Chuduriah  berharap SMK PK menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. 

Selain itu, Rektor yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI Sulbar) ini berharap kolaborasi dengan SMK se-Sulawesi Barat tidak sebatas kerjasama dalam program SMK PK. 

Rektor Unasman berharap akan tercipta kerjasama lainnya yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam kesempatan ini hadir sejumlah kepala sekolah dan dosen Unasman yang menjadi pendamping SMK-PK. (mkb)

  • Bagikan