Dikaitkan dengan Ferdy Sambo, Ini Profil AKP Rita Yuliana

  • Bagikan
AKP Rita Yuliana alias Rita Sorcha Yuliana yang mendadak muncul di tengah panasnya isu baku tembak ajudan Ferdy Sambo. --foto: Istimewa--

JAKARTA, RADARSULBAR – Banyak yang penasaran dengan profil AKP Rita Yuliana, polwan cantik yang kembali viral di media sosial setelah peristiwa penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo.

AKP Rita Yuliana juga sempat trending di Google. Ia dikaitkan dengan Irjen Ferdy Sambo. Isu liar tentang AKP Rita Yuliana pun menyebar di media sosial. Netizen membeberkan hubungan Rita Yuliana dengan Ferdy Sambo. Rita disebut-sebut mengajukan pengunduran diri dari Polri, bertepatan dengan hari penembakan Brigadir Joshua di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Pengacara keluarga Brigadir Nopransya Joshua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menyebut polwan cantik yang harus dimintai keterangan terkait kasus penembakan di rumah Ferdy Sambo.

Kamaruddin mendesak semua yang diduga terkait dengan peristiwa berdarah di rumah Irjen Ferdy Sambo untuk diperiksa. “Termasuk dugaan keterlibatan Akpol cantik 2013. Dia juga harus dimintai keterangan. Apa betul pada hari Jumat itu ada permohonan pengunduran dirinya dari kepolisian,” ujar Kamaruddin Simanjuntak dikutip PojokSatu (Jawa Pos Group), Rabu 20 Agustus 2022.

Kamaruddin menanggapi pernyataan Polri yang menyebut Brigadir Joshua ditembak karena melecehkan istri Ferdy Sambo di dalam kamar. “Apapun yang kalian tuduhkan pada Brigadir J, dia tidak bisa membela diri lagi. Tapi kami berjanji akan mengungkap kasus ini,” jelas Kamaruddin.

Ia meminta kepada pelaku penembakan Joshua untuk bertobat. “Saya minta kepada pelaku supaya sadar dan bertobat. Karena dalam mengusut perkara ini, kami disertai Tuhan. Siapapun Anda jika kami bersama Tuhan, Anda tidak bisa melawan. Ingat itu,” jelasnya.

“Jangan mempersulit diri. Segera serahkan diri Anda kepada penyidik, siapapun Anda. Jelaskan kepada penyidik apa motifnya,” tandas Kamaruddin.

Siapa AKP Rita Yuliana?

Polwan cantik yang lahir di Selong Lombok Timur, 1 Juli 1992 ini belum genap setahun bertugas di ibu kota. Ia dimutasi dari Polres Lombok Timur, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Polda Metro Jaya pada akhir Desember 2021 lalu. Mutasi AKP Rita tertuang dalam surat Telegaram Kapolri Nomor: ST/2604/XII/KEP.2021 pada 24 Desember 2021.

AKP Rita diangkat menjadi Panit Subdit I Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Ia mulai bertugas di Polda Metro sejak Januari 2022. Sebelumnya, AKP Rita menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Timur, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia juga pernah menjabat Kasat Lantas Polres Lombok Barat pada 2019.

  • Bagikan