Warga Mampie Minta Pembangunan Tanggul Pemecah Ombak Dilanjutkan

  • Bagikan
TANGGUL. Proses pengerjaan penahan ombak di Pantai Mampie Kecamatan Wonomulyo digenjot penyelesaiannya.--foto Yusri for radarsulbar--

POLEWALI RADARSULBAR — Warga Dusun Mampie Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar bersyukur atas pembangunan pencegah abrasi di Pantai Mampie oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sulawesi III, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Apalagi, setiap tahun Kappung Mampie terus dilanda abrasi pantai mengakibatkan daratan Mampie terus berkurang. Bukan hanya itu, akibat abrasi yang melanda Mampie setiap tahun juga mempengaruhi kebutuhan hidup warga tersebut lantaran kesulitan mendapatkan air bersih. Termasuk banyak tumbuhan warga ikut mati dihantam banjir rob.

Salah seorang warga Mampie, Mustakim mengatakan dengan adanya pembangunan pencegah abrasi di Pantai Mampie, warga sangat bersyukur. Warga merasa aman lantaran adanya pembangunan pencegah abrasi.

Kepala Dusun Mampie Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo, Darwis S mengatakan dengan adanya pembangunan pencegah abrasi di Mampie membuat dirinya bersama warga sangat berterima kasih pada pemerintah. Karena sudah mengabulkan permintaan masyarakat yang sejak lama selalu diusulkan setiap ada rapat. Baik itu di tingkat dusun maupun pada tingkat kabupaten bahkan melalui musrembang.

“Setiap ada rapat kami selalu usulkan ini soal pembangunan pencegah abrasi. Karena kami kuatir dataran Mampie akan lenyap kalau tidak datangani secepatnya,” kata Darwis

Ia bersyukur karena sudah ada yang dibangun pencegah abrasi. “Semoga saja pembungan ini bisa berlanjut karena warga Mampie sangat merasakan manfaat adanya pembangunan pencegah abrasi ini,” terang Darwis.

Bangunan pencegah abrasi yang ada saat ini sudah berfungsi dengan baik dan mampu mencegah abrasi membuat warga merasa aman. Meski demikian wilayah garis pantai Kampung Mampie masih ada yang tergerus abrasi khususnya yang belum ada bangunan pengaman pantainya.

“Sehingga harapan warga Mampie agar pembangunan ini terus dilanjutkan hingga sepanjang garis Pantai Kampung Mampie aman dari abrasi,” pintanya. (mkb)

  • Bagikan