Gandeng RAPIDA dan Relawan TIK Sukseskan Senter KIM,  Kembangkan Desa Cerdas Digital

  • Bagikan
Ketua DPRD Sulbar St Suraidah Suhardim

MAMUJU, RADARSUBAR–Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo) Sulbar melibatkan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah Sulbar  dan Relawan TIK Sulbar menjalankan Program Sekolah Internet Masyarakat Kelompok Informasi Masyarakat ( Senter Kim). 

Kepala Dinas Kominfo Sulbar Mustari Mula berharap Senter KIM menjadi pilot project pengembangan desa cerdas digital di Sulbar.  Disebutkan, Dua desa menjadi percontohan untuk program ini, yakni Desa Salutiwo di Kecamatan Bonehau Mamuju dan Desa Karataun Kecamatan Kalumpang, Mamuju. 

Dalam pelaksanaannya pihaknya bersama Rapida dan Relawan TIK melakukan pembinaan kepada sejumlah warga dalam hal merakit jaringan internet desa, menata kelola kios wifi, membuat website dan membuat konten. Harapan desa yang mendapatkan pembinaan itu dapat memanfaatkan digital dalam mengangkat sumber daya alam yang ada di desa. 

Pihaknya pun akan membangun koordinasi dengan sejumlah OPD guna melengkapi infrastruktur lainnya yang dibutuhkan dalam menunjang program tersebut.

“Yang jelas dari segi sumber daya Bandwidth kami yang akan kawal,” ujar Mustari.pada kegiatan Senter KIM di Desa Salutiwo, Bonehau Kabupaten Mamuju, Sabtu 6 Agustus 2022.

Ketua DPRD Sulbar, St. Suraidah Suhardi di Desa Salutiwo, Kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju mengapresiasi terobosan yang dilakukan Diskominfopers Sulbar. Ia berharap program ini berkelanjutan. 

Menurutnya, penting terbangun  kolaborasi transformasi dari semua stakeholder terkait. Termasuk RAPIDA dan Relawan TIK agar  penyampai informasi antar  masyarakat  sampai kepada masyarakat, “Nah, itu yang ingin saya cita-citakan ke depan,” ungkapnya

Kepala Desa Salutiwo, Hans Malino menyebutkan,   Desa Salutiwo sangat tertinggal di sisi teknologi dan digital,  maka dari itu program Senter KIM menjadi solusi di desa Salutiwo.

“Terima kasih kepada pihak Dinas Kominfopers, ibu Ketua DPRD Provinsi Sulbar dan tim relawan tik yang telah memberikan bantuan seperti ini.  Mudah-mudahan kami sebagai pemerintah Desa bisa memanfaatkan sebaik mungkin program pemerintah bantuan internet dan dalam waktu dekat ini  dapat segera berjalan, “sebutnya.

Senada Ketua Senter Kim Desa Salutiwo,  Jaya Mantoro mengaku,  selaku warga Salutiwo mengharapkan Senter KIM dapat  berlanjut hingga warga masyarakat mampu dan mandiri mengelola bantuan internet

“Kegiatan ini sangat bagus,karena  kami dapat menghubungi teman-teman yang ada di sekitar Desa tanpa harus menggunakan jaringan Telepon,” pungkasnya.(jaf)

  • Bagikan