Festival Sandeq 2022, Masuki Tahap Pembuatan Layar Perahu

  • Bagikan
SERAHKAN. Bendahara Festival Sandeq 2022 menyerahkan uang cat kepada pemilik Sandeq, Kamis 4 Agustus 2022.--mabrur/radarsulbar–

MAJENE, RADARSULBAR –Panitia Festival Sandeq mulai membagikan bahan baku layar dan uang pembeli cat kepada pemilik Sandeq yang akan memeriahkan Festival Sandeq 2022.

Rencananya ada 35 perahu Sandeq akan berpartisipasi dalam Festival Sandeq yang mulai berlayar dari Pelabuhan Tanjung Silopo Binuang Kabupaten Polman hingga finis di Balikpapan Super Block (BSB) Kota Balikpapan Kalimantan Timur. 

Koordinator Lapangan Passandeq Ridwan Alimuddin mengatakan pihaknya mulai melakukan pembagian bahan baku layar dengan panjang 130 meter.  Selain itu juga dibagi yang pembeli cat perahu sebesar Rp 600 ribu, pembeli tali tasi Rp 1 juta, dan pekerjaan layar untuk dijahit sebesar Rp 100 ribu lebih. 

“Jadi total dana yang dibagi Rp 1.701.000 untuk setiap perahu Sandeq yang akan ikut dalam Festival Sandeq 2022,” ujar Ridwan Alimuddin, Kamis  4 Agustus 2022.

Lanjut Ridwan, bahan layarnya akan diantarkan langsung oleh panitia karena bahannya besar.

“Jadi Passandeq datang ambil uangnya dan untuk bahan layar diantar langsung ke rumah masing – masing,” ungkapnya.

Gambar yang ada di layar itu sponsor, yang memakan waktu agak lama yaitu layar.  Karena harus dijahit berbentuk layar, setelah itu tunggu sponsor untuk digambar ke layar tersebut. 

“Bahan layar itu karoro plastik, harganya seratus meter Rp 1,3 juta,” ungkapnya. 

Selain nama sponsor di layar juga akan ditulis nama Sandeq. Agar penonton nanti mengetahui perahu yang berlayar adalah Sandeq. 

“Jadi nama perahu harus ditulis besar,” pungkasnya. (r2/mkb/jaf)

  • Bagikan