Gerindra dan Prabowo Bakal Jadi Penentu Arah Koalisi Pilpres 2024

  • Bagikan
Prabowo Subianto.

Selanjutnya nama Prabowo Subianto di urutan kedua sebesar 13.75 persen.

“Bisa disimpulkan, Partai Gerindra dan Prabowo Subianto saat ini akan menjadi salah satu tonggak sumbu utama penentu arah koalisi parpol jelang Pemilu 2024,” ucap Abdul.

Dia lantas menyebut alasan lain bahwa PDI Perjuangan sudah tidak terlalu memusingkan masalah koalisi dengan jumlah suara yang dimiliki.

PDI Perjuangan sudah bisa mengirim satu paket pasangan bakal calon presiden-bakal calon wakil presiden tanpa harus bekerja sama dengan parpol lain. PDIP memiliki 22.3 persen kursi di DPR.

“Di luar PDIP, delapan parpol berkursi di DPR RI akan sangat berkepentingan untuk mengadakan kerja sama dalam mengusung pasangan calon.”

“Di sini titik poin analisis bahwa peta koalisi parpol, salah satunya akan bertumpu pada Partai Gerindra dan Prabowo Subianto,” katanya.

Menurut Abdul, Partai Gerindra hanya butuh satu teman koalisi, karena memiliki 13,6 persen kursi di DPR. Sama dengan Partai Golkar, juga hanya butuh satu parpol untuk berkoalisi dengan perolehan 14.8 persen kursi di DPR.

Bedanya, elektabilitas Prabowo di urutan teratas, sementara ketum Golkar belum juga terkerek.

“Jadi, tidak berlebihan saya menyebut Partai Gerindra dan Prabowo Subianto akan menjadi salah satu penentu sumbu utama terbentuknya peta koalisi parpol-parpol dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang,” katanya.

Menurut Abdul, satu-satunya kendala yang ada di Prabowo Subianto saat ini adalah yang bersangkutan belum menyatakan apakah akan maju sebagai kandidat presiden atau tidak. (jpnn)

  • Bagikan