Buka Akses Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Tier 2 Indonesia

  • Bagikan

BONTANG, RADARSULBAR—Akses penyandang disabilitas terhadap pekerjaan, masih jauh dari kata mudah. Baik di perkotaan maupun perdesaan.

Setidaknya ada 17,74 juta orang penduduk usia kerja (15 tahun dan lebih) yang merupakan penyandang disabilitas pada 2021. Dari jumlah tersebut, baru 7,8 juta orang saja yang masuk ke angkatan kerja.

Data BPS persentase pekerja disabilitas di perkotaan turun dari 0,24 persen menjadi 0,15 persen. Di pedesaan, persentase pekerja disabilitas turun dari 0,34 persen menjadi 0,20 persen.

Hal ini bukan hanya bagi kaum difabel yang memiliki keterbatasan pendidikan, lulusan dari SLB pun kerap masih kesulitan mendapatkan pekerjaan. Pendiri Inkubator Bisnis (Inbis) Permata Bunda, Siti Marlina, mengungkapkan yang hidup dekat dengan kelompok penyandang disabilitas sejak kecil, karena kedua orang tuanya adalah pengajar SLB, memiliki kesadaran tinggi bahwa penyandang disabilitas pada hakikatnya mampu berdaya dan berkarya setara dengan orang pada umumnya.

Berbekal pengalaman di bidang pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Siti bersama suami menginisiasi program Inkubator Bisnis (Inbis) Permata Bunda yang berlokasi di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Dalam prosesnya, mereka juga mengajak Sekolah Luar Biasa (SLB) di kota Bontang untuk turut berpartisipasi. Dijelaskan, ketakutan terbesar bagi para penyandang disabilitas setelah lulus SLB.

Selain karena tidak memungkinkannya melanjutkan jenjang pendidikan, akses terhadap pekerjaan yang mampu dilakukan secara profesional oleh mereka pun masih terbatas.

“Tidak melulu karena mereka tidak mampu, tetapi lebih kepada kesempatan yang ada masih minim terhadap mereka. Ironinya, hal ini kerap terjadi di kota-kota besar Indonesia, terlebih lagi di kota kecil di Kalimantan seperti Bontang ini,” katanya.

Disebutkan, saat ini telah memberdayakan 54 orang penyandang disabilitas dari tuna netra, tuna daksa, tuna grahita, teman tuli, hingga penyandang autis dari berbagai daerah.

Kata dia, Inbis Pertama Bunda bukan hanya sebagai wadah pengaplikasian keterampilan para siswa SLB dan alumni SLB kota Bontang, tetapi juga tempat mencari nafkah bagi mereka yang telah berhasil dilatih, menjadi pemagang dan karyawan dalam beberapa lini usaha yang dijalankan bersama.

Saat ini, Inbis Permata Bunda memiliki tiga lini usaha, diantaranya adalah sablon, kuliner, dan sayuran. “Pada awal pandemi usaha sablon kami sempat terganggu, para penyandang disabilitas ini lah yang menguatkan kami untuk terus berinovasi. Sesaat sebelum bulan ramadan tahun 2020, kami meluncurkan bisnis kuliner bernama Abkulinary yang fokus pada kue kering dan kue premium yang tiap prosesnya dijalankan oleh teman-teman penyandang disabilitas” jelas Siti.

Karyawan pertama Inbis Permata Bunda adalah Rizky Erfanda, laki-laki berusia 26 tahun yang merupakan penyandang tuli dan merupakan tulang punggung keluarga. Rizky fokus mengurus bisnis sablon dalam naungan Inbis Permata Bunda yang berhasil membawanya mengantongi uang hingga 5 – 6 juta rupiah per bulannya.

Beragam keterampilan Rizky kuasai, diantaranya adalah menyablon baju, memasang wallpaper, hingga membuat kue kering.

“Kelebihan dari teman-teman penyandang disabilitas adalah daya juang mereka yang luar biasa, fisik yang kuat, dan pantang menyerah,” ujar Siti.

Berlokasi di Kampung Aren Berdaya Ramah Disabilitas yang menjunjung kehidupan bermasyarakat yang inklusif dengan hidup berdampingan bersama para penyandang disabilitas, Inbis Permata Bunda merupakan salah satu Sustainable Entrepreneurship Program for Disability dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) yang telah dibina sejak 2016 hingga tahun 2021.

Saat ini Inbis Permata Bunda memasuki fase exit strategy karena dinilai mampu untuk mandiri. Isu pekerjaan bagi penyandang disabilitas memang menjadi perhatian, baik oleh Pemerintah dan perusahaan anak BUMN seperti PKT, yang memang memiliki peran sebagai agen pembangunan.

Berkebutuhan khusus itu bukan karena kehendak mereka. Jangan sampai kita menambahkan kesedihan mereka. Dengan adanya Inbis Permata Bunda ini, kami ingin teman-teman berkebutuhan khusus untuk terus bahagia, sehat, dan setara. Kami bersatu dalam karya, berkarya untuk beda. Di sini kita sama-sama berkarya, hanya cara berkaryanya saja yang berbeda.” tutup Siti.

Sekretaris Korporasi PKT, Teguh Ismartono mengaku, melihat para penyandang disabilitas memiliki potensi untuk berdaya dan bekerja secara profesional, yang tentunya perlu didukung oleh lingkungan yang produktif dan menitikberatkan pada kohesivitas atau persaudaraan yang baik antara masyarakat dan para penyandang disabilitas.

“Kami mendorong terciptanya pemberdayaan dan lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas dengan memastikan tercukupinya fasilitas yang memadai serta pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan bagi teman-teman di Inbis Permata Bunda. Terlebih lagi, kami pun memastikan para penyandang disabilitas dapat merasa nyaman, aman, dan setara dengan menghadirkan lingkungan yang ramah disabilitas.” ungkapnya (*)

  • Bagikan