Diduga Terpapar Hepatitis Akut, Satu Warga Polman Dirawat di Makassar

  • Bagikan
dr Andi Emy Purnama Natsir.

POLEWALI, RADARSULBAR — Salah seorang anak, warga Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dilaporkan terpapar hepatitis akut. Saat ini, anak tersebut tengah dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Polman dr Andi Emy Purnama Natsir menyampaikan, pasien tersebut berasal dari Puskesmas Campalagian. Namun tidak dirawat di Puskesmas, melainkan berobat di salah satu klinik praktek kemudian dirujuk ke Makassar.

“Pasien MI (9) ini dirujuk ke Makassar pada Minggu 8 Mei 2022, sesuai saran dari dokter klinik praktek tersebut karena pasien dicurigai hepatitis. Memang pasien ini fungsi hatinya agak terganggu,” jelas dr Emy saat dikonfirmasi, Jumat 13 Mei 2022.

Ia menambahkan, untuk saat ini informasi yang diterima dari RS Wahidin Sudirohusodo Makassar kondisi pasien masih dalam keadaan stabil dan pihaknya terus memonitor perkembangan kesehatan pasien.

Dr Emy juga menjelaskan bahwa pada umumnya virus itu menyerang anak-anak, dan penyakit ini memang menyerang fungsi hati pasien. Itulah mungkin kenapa langsung dokter menyarankan untuk dirujuk karena pasien ini dicurigai hepatitis atau suspek hepatitis yang diagnosanya belum bisa dipastikan. (arf/mkb)

  • Bagikan