Tingkatkan Skil Pekerja, BLK Sulbar Gelar Pelatihan Berbasis Komputer

  • Bagikan

MAMUJU – Menyikapi ketatnya persaingan pencari kerja di kalangan muda saat ini, Balai Latihan Kerja (BLK) Sulbar bekerjasama BLK Makassar menggelar kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Pelatihan ini merupakan tahap pertama, yang dilaksanakan sejak 11 Maret hingga 29 April 2022 bertempat di Gedung Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK Sulbar, Desa Beru-beru Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Sulbar.

Mewakili Kepala BLK Makassar, Sub Koordinator Penyelenggara Kegiatan Pelatihan Andi Baso Apriadi mengatakan, pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang dilaksanakan oleh UPTD BLK Sulbar merupakan wadah untuk peningkatan keterampilan bagi generasi muda.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bagi generasi muda yang ingin mengembangkan bakat dan kemampuan untuk dapat bersaing di pasar Global ketenagakerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD BLK Sulbar H. Andi Farid Kusno mengatakan, kegiatan pelatihan berbasis kompetensi di laksanakan pada empat Jurusan Kejuruan yakni Pengelasan, Tata Busana, Tata Rias dan Kecantikan serta Komputer.

Farid menambahkan, anggaran pelaksanaan pelatihan ini berasal dari APBN Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Ditjen Binalavotas) Kementerian Tenaga Kerja RI melalui BLK Makassar Tahun Anggaran 2022.

“Pelaksanaan pelatihan ini dapat terlaksana berkat jalinan kerjasama UPTD BLK Sulbar dengan BLK Makassar yang merupakan Binaannya,” jelas Andi Farid.

Farid berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan skil dan menambah ilmu pengetahuan peserta. Dengan demikian, peserta bisa membuka usaha sendiri, khususnya empat jurusan yang dilatihkan.

“Kita sangat berharap setelah mengikuti pelatihan Ini, peserta bisa membuka usaha sendiri sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi pencari kerja di daerahnya masing-masing,” tutupnya. (ian)

  • Bagikan