Viral Warga Polman Komplain Toko Retail, Struk Belanja Beda dengan Harga Barang

  • Bagikan
RETAIL MODERN. Salah satu retail modern di Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali Polman. Salah seorang warga komplain terkait perbedaan harga barang di etalase dan struk belanja di retail modern.

POLMAN RADAR SULBAR — Seorang warga Polewali Mandar (Polman) protes ke kasir salah satu toko retail modern di Jalan MR Muhammad Yamin Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali. Warga tersebut protes gegara karena setruk pembayaran di kasir berbeda dengan harga barang yang ada di etalase. Keluhannya ini pun diunggah di media sosial hingga viral.

Video tersebut diunggah diakun media sosialnya facebook dengan naman Ali Jank. Dalam rekaman video kejadiannya terjadi, 31 Juli malam. Pengunggah video menyertakan tulisan di media sosialnya berbunyi “Sering belanja ditempat ini tapi kesabaran onrag ada batasnya, sampai kapan mau ditipu dan dirugikan.? Lagi dan lagi harga etalase sering beda jauh saat dibayar dikasir. Kalau alasan kalian lupa ganti harga pertanyaan kemudian, kenapa kalian sering lupa dan alasan yang sama dari pihak minimarket luar sana ketika ketahuan bobroknya. Belum lagi sisa kembalinya uang belanja langsung ditawarkan apakah bapak mau sumbangkan lebihnya.? Sangat lucu…!’.

Pengunggah video, Ali Jenk saat dihubungi mengatakan bukan hanya dirinya tetapi sejumlah konsumen mengeluhkan adanya perbedaan harga antara label harga yang tertera pada pajangan barang dengan harga yang tercantum di struk belanja.

“Ini sering terjadi di minimarket, dan dapat menimbulkan kekecewaan konsumen yang merasa dirugikan,” jelasnya.

Selain perbedaan harga di rak etalase dengan di kasir, dalam unggahan Ali Jenk juga menyoroti sumbangan setiap konsumen ke Baznas. Menurutnya walaupun kembalian uang belanja konsumen jumlahnya hanya receh atau sedikit tetapi seharusnya kasir mengembalikan terlebih dahulu uang tersebut. Nanti konsumen yang menyerahkan jika ingin berdonasi jangan langsung dipotong. Selain itu harusnya jika donasi tersebut masuk ke Baznas ada surat resmi dari pemerintah setempat.

“Seharusnya donasi dari konsumen di Polman ini tidak larinya ke Baznas Pusat melainkan masuk ke Baznas Polman. Karena nanti uang donasi yang terkumpul seluruh retail modern di Polman juga disalurkan melalui Baznas Polman,” terangnya.

Terpisah Corporate Communication Alfamidi Branch Makassar, Rudi Hermawan dalam siaran persnya yang diterima redaksi menjelaskan kompali terkait harga yang disampaikan konsumen di Toko MYP/SE37 pada 31 Juli 2025 sekitar pukul 10:00 waktu setempat.

Menurutnya itu, ada komplain konsumen terkait perbedaan harga produk di rak dan di kasir. Kasir kemudian melakukan pengecekan terhadap harga item sabun pencuci piring yang dibeli konsumen di rak.

  • Bagikan