Tidak Ada Kekhawatiran Ketika Berobat, Semua Berkat Progam JKN

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR – Risma (25) seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang rutin memanfaatkan Program JKN menceritakan pengalaman mendampingi sang ayah ketika berobat rutin dalam penyembuhan sakit yang diderita.

Risma merasa Program JKN sangat membantu keluarganya dan menghilangkan rasa khawatirnya ketika sakit untuk berobat di fasilitas kesehatan yang kemungkinan mengeluarkan biaya yang banyak.

Warga asal Wonomulyo, Polewali Mandar ini mengantar ayahnya untuk kedua kalinya berobat ke Poli Rumah Sakit Umum Daerah Wonomulyo.

”Untuk kedua kalinya saya mengantar bapak berobat ke Poli RSUD Wonomulyo, ini berobat lanjutan setelah kunjungan kami yang pertama. Sempat rawat inap juga disini, seluruh pelayanan sangat baik terlebih petugas kesehatan yang melayani ketika rawat inap dan juga yang melayani sewaktu di poli saat ini,” terangnya.

Risma mengatakan, administrasi yang dipersyaratkan juga sudah mudah, bahkan ia hanya datang mengantar bapaknya saja waktu itu dan menyerahkan KTP dari orang tuanya.

”Tidak ada hal yang dipersulit, waktu registrasi juga hanya memberikan identitas diri dari bapak dan setelahnya langsung dilayani masuk ke ruang rawat inap. Tidak ada menunggu lama untuk mengantre kamar juga, seluruhnya alhamdulillah nyaman dan tenang ketika memanfaatkan layanan JKN ini. Tidak ada biaya juga yang perlu saya bayarkan untuk seluruh layanan yang diberikan, hanya datang berobat, dilayani, mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang baik oleh rumah sakit dan petugasnya serta pengobatan yang maksimal untuk kesembuhan bapaknya,” terang Risma.

Ia menambahkan secara keseluruhan apa yang saya rasakan mengenai Program JKN sangat baik dan terus memberikan perbaikan secara menyeluruh terhadap masukan dari peserta JKN dalam menghadirkan pelayanan yang maksimal.

Seluruh fasilitas kesehatan dengan sarana dan pra sarananya memberikan kenyamanan sehingga peserta JKN merasa kemudahan, kecepatan, dan kesetaraan dalam memanfaatkan layanan memberikan pengalaman spesial kepada masing-masing peserta.

”Banyak kemudahan yang saya rasakan saat ini, dari yang sebelumnya harus menggunakan kartu fisik sekarang sudah tersedia KIS Digital yang berasal dari Aplikasi Mobile JKN. Selain itu dalam aplikasi tesebut juga terdapat kemudahan lainnya seperti konsultasi dengan dokter, skrining riwayat kesehatan, mengecek status kepesertaan dan lain sebagainya, itu sangat membantu saya dan seluruh peserta JKN lainnya,”ucapnya.

Tidak sampai disitu, ada satu hal lagi yang merasa ia perlu sampaikan yakni beberapa informasi mengenai obat-obatan yang isunya peserta JKN diminta untuk beli sendiri di luar apotek yang ada di rumah sakit.

”Seluruh obat diberikan secara cepat dan tepat, tidak perlu menunggu lama juga. Informasi yang diberikan oleh pihak farmasi atau petugas apoteknya juga jelas. Di sini tidak ada satupun obat yang perlu saya beli di luar ataupun diminta oleh petugas untuk beli dan nantinya diganti biaya pembelian tersebut. Jadi informasi yang beredar dan pernah saya dengar itu sangat tidak benar dan isu tersebut sama sekali tidak terbukti disini,” terangnya.

Risma mengajak seluruh masyarakat memastikan diri untuk terdaftar pada Program JKN, agar dapat merasakan manfaat dari program ini seperti yang keluarganya rasakan. Tak lupa juga, ia mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan, besar harapan apa yang sudah baik sekarang ini dapat terus ditingkatkan kepada seluruh peserta JKN.

“Bentuk dukungan masyakarat kepada BPJS Kesehatan dapat terlihat dari peserta yang terdaftar pada Program JKN, karena ketika berobat kita tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan biaya yang besar. Terima kasih kepada BPJS Kesehatan khususnya BPJS Kesehatan Cabang Polewali atas hadirnya Program JKN yang selalu meningkatkan pelayanan kepada seluruh peserta JKN. Saya pribadi sangat puas dengan Program JKN ini, benar-benar sangat bermanfaat dan membantu masyarakat,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version