Perluas Akses Layanan, BPJS Kesehatan Online Jangkau Masyarakat Desa Tuttula

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — Sebagai upaya memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan setara, serta kemajuan teknologi yang cepat, BPJS Kesehatan Cabang Polewali berkolaborasi dengan perangkat Desa Tuttula, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar untuk menghadirkan layanan administrasi tanpa tatap muka melalui kegiatan BPJS Kesehatan Online.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengubah paradigma akses kesehatan dengan memanfaatkan teknologi video conference untuk memberikan layanan tanpa tatap muka kepada peserta. Dengan demikian, BPJS Kesehatan tidak hanya memperkenalkan layanan baru, tetapi juga membuka pintu bagi akses kesehatan yang lebih mudah kepada seluruh lapisan masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Polewali, Wahidah mengatakan bahwa kegiatan layanan tanpa tatap muka melalui BPJS Kesehatan Online tersebut merupakan salah satu jenis kanal layanan administrasi baru yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, baik yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar sebagai peserta JKN.

“Selain pelayanan tatap muka yang kita sediakan di kantor atau di mobil BPJS Keliling, masyarakat yang mau melakukan pengurusan administrasi juga bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan Online yang dilaksanakan di desa-desa, jadi nanti petugas kami akan terhubung dengan masyarakat dengan bantuan operator desa melalui video call atau aplikasi zoom meeting, sehingga masyarakat bisa konsultasi langsung terkait kendala atau permasalahannya dengan petugas kita,” jelasnya.

Wahidah menambahkan, peserta JKN dapat memanfaatkan BPJS Kesehatan Online untuk melakukan pendaftaran baru, perubahan data, perubahan fasilitas kesehatan, penyampaian informasi, serta pengaduan. BPJS Kesehatan Online hadir bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi sehingga dapat diakomodir dan tidak perlu lagi untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. BPJS Kesehatan akan melakukan pemetaan kemudian menghubungi perangkat desa yang bersedia memfasilitasi kegiatan layanan online.

“Penanggung jawab atau petugas operator yang ditunjuk di desa nantinya akan menginformasikan kepada masyarakat terkait jadwal pelaksanaan BPJS Online sekaligus menyiapkan perangkat pendukung. Masyarakat kemudian dapat langsung datang ke kantor desa dengan menyiapkan dokumen yang dipersyaratkan dan akan dilayani selayaknya pelayanan di kantor BPJS Kesehatan melalui media video conference,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta JKN yang mengikuti kegiatan BPJS Kesehatan Online, Mardina mengatakan baru kali ini mengikuti layanan administrasi dari BPJS Kesehatan secara online. Ia merasa layanan yang dirasakan tidak berkurang bahkan merasa dimudahkan tanpa perlu berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk menyelesaikan permasalahan yang ia rasakan. Mardina terdaftar sebagai peserta segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Kegiatan ini (BPJS Kesehatan Online-red) sangat baik dan membantu masyarakat di sini, khususnya saya pribadi yang pertama kali merasakan layanan ini, karena masyarakat disini hampir semua pakai BPJS Kesehatan dan ada data-data mereka yang ingin diubah, seperti perubahan puskesmasnya juga, jadi dengan ada fasilitas begini di kantor desa masyarakat jadi tidak harus jauh-jauh ke kantor BPJS untuk mengurusnya,” jelasnya.

Mardina menambahkan, bahwa kegiatan BPJS Kesehatan Online juga sangat membantu dalam memberikan solusi atas kendala-kendala jaminan sosial kesehatan yang selama ini dialami masyarakat desanya.

“Seringkali mendengar kalau masyarakat ada pertanyaan-pertanyaan atau keluh kesah dengan kartu BPJS Kesehatan, penasaran kartunya aktif atau tidak dan seluruh keluarganya terdaftar atau tidak, jadi kami tidak tau harus menjawab apa, kalau ada kegiatan BPJS Kesehatan Online seperti ini mereka bisa langsung menanyakan dan menyampaikan keluh kesah, jadi saya salah satu dari masyarakat yang juga terbantu dengan adanya kegiatan seperti ini serta, warga desa lainnya juga sangat-sangat terbantu,” ungkapnya.

Di akhir perbincangan, Mardina menyampaikan harapannya agar kegiatan BPJS Kesehatan Online terus dilaksanakan di desa-desa dan harus tanpa henti memberikan pelayanan keseluruh pelosok Kabupaten Polewali Mandar.

“Kami sangat senang dengan kegiatan seperti ini, jadi kami harap BPJS Kesehatan Online tidak hanya kali ini saja, saya juga tidak segan untuk membantu memberikan informasi terbaru yang saya dapatkan pada kegiatan ini kepada seluruh masyarakat-masyarakat kita yang lainnya. Semoga diberikan kemudahan dalam membantu seluruh masyarakat,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version