50 Tim Berlaga di Piala Soeratin U-13 Sulbar

  • Bagikan
SERAHKAN BOLA. Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria didampingi Ketua Asprov PSSI Sulbar, Agus Ambo Djiwa, perwakilan Amartha, Fenny Febri Krisdayanti menyerahkan bola ke wasit saat membuka kompetisi Piala Soeratin U-13 Sulbar di Stadion HS Mengga Polman, Selasa 22 Oktober 2024.

POLEWALI RADAR SULBAR — Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sulawesi Barat mengelar kompetisi Piala Soeratin Usia 13 tahun (U-13). Sebanyak 50 tim dari enam kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat berlaga di Piala Soeratin U-13 Sulbar.

Pembukaan kompetisi Piala Soeratin U-13 Sulbar ini digelar di Stadion HS Mengga Sport Center Polewali, Selasa 22 Oktober. Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria didampingi Ketua Asprov PSSI Sulbar, Agus Ambo Djiwa, perwakilan Amartha, Fenny Febri Krisdayanti serta Pj Sekda Polman I Nengah Tri Sumadana menghadiri pembukaan Piala Soeratin U-13 di Stadion S. Mengga, Polman.

Ketua Panitia Piala Soeratin U-13, Muh Jufri mengakan kompetisi Piala Soeratin U-13 zona Sulbar ini akan berlangsung selama 13 pekan. Sebanyak 50 tim berlaga dari enam kabupaten megikuti kompetisi U-13 ini. Tim yang berlaga di Kabupaten Polman 13 tim, Majene 9 tim, Mamuju 10 tim, Mateng 6 tim, Pasangkayu 6 tim dan Mamasa 6 tim.

“Dari 50 tim yang berlaga ada 1.250 pemain muda usia 13 tahun berlaga dalam kompetisi Piala Soeratin ini. Nantinya ada 12 tim yang juara setiap kabupaten melaju ke babak final yang rencananya diadakan di Polman 5 Januari 2025 mendatang untuk menentukan kesebelasan yang mewakili Sulbar ke nasional. Kami berharap piala Soeratin ini memunculkan bibit bibit sepak bola asal Sulbar yang bisa nantinya menjadi pemain nasional,” terang Jufri.

Sementara Ketua Asprov PSSI Sulbar, Agus Ambo Djiwa mengatakan dirinya sangat berterimah kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi maupun berkontribusi untuk pengembangan sepak bola usia muda. Ia berharap Piala Soeratin U-13 ini menjadi titik awal untuk kebangkitan sepak bola usia muda atau grassroot di Provinsi Sulbar.

Sedangkan Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha Desriani mengatakan Piala Soeratin U-13 merupakan wadah penting untuk mengembangkan talenta muda sepak bola Indonesia.

Ia mengatakan pihaknya akan terus konsisten mengelar Piala Soeratin sebagai pengembangan talenta muda sepak bola Indonesia termasuk kompetisi elit pro.

Ratu Tisha mengapresiasi pelaksanaan kompetisi Piala Soeratin U-13 yang diadakan Asprov PSSI Sulbar.

“Kami berharap kualitas pertandingan kelompok umur setiap tahun dapat meningkat. Sehingga melalui kompetisi ini melahirkan pemain sepak bola profesional kedepan yang mampu menembus timnas baik junior maupun senior. Karena Sulbar merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sepak bola yang mampu berprestasi ditingkat nasional,” tandasnya.

Sementara itu pertandingan pembuka kompetisi Soeratin U-13 di Stadion HS Mengga antara SSB Liberty Polewali melawan SSB Qatar Taramanu Tua Kecamatan Tutar berakhir imbang 1-1. (mkb)

  • Bagikan