KPU Polman Segera Sortir dan Lipat Surat Suara

  • Bagikan
LOGISTIK. KPU Polman menerima logistik surat suara Pilkada Polman dan Sulbar yang disimpan di aula SLB Polewali, Sabtu 19 Oktober 2024.

POLEWALI RADAR SULBAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar (Polman), segera melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sortir dan pelipatan ini dilakukan setelah KPU Polman menerima logistik surat suara yang tiba di gudang penyimpanan di aula SLB Polewali, Sabtu dini hari 19 Oktober. Tetapi jadwal penyortiran dan pelipatan surat suara menunggu instruksi dari KPU Sulbar.

Ketua KPU Polman Nurjannah Waris saat di konfirmasi, Sabtu lalu mengatakan untuk penyortiran dan pelipatan surat suara menunggu instruksi KPU Sulbar. Tetapi tahapannya itu dilakukan sebulan sebelum hari H pencoblosan. Sehingga direncanakan penyortiran dan pelipatan dilaksanakan 27 Oktober tetapi ini belum final karena akan dirapatkan dulu dan menunggu instruksi KPU Sulbar.

“Kita menunggu perintah dari KPU provisi, untuk menyegerakan proses pelipatan surat suara, ” ujar Nurjannah Waris.

Penyortiran dan pelipatan ini dilakukan lebih awal untuk mengantisipasi terdapat surat suara yang rusak atau tidak cukup. Sehingga secepatnya bisa diklaim dan dilaporkan agar bisa diganti maupun ditambah.

Namun, pihaknya belum mengetahui jadwal penyortiran dan pelipatan tersebut, sebab menunggu perintah KPU Sulbar.

Sementara itu, KPU Polman menerima surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Sabtu 19 Oktober sekria pukul 03.00 Wita. Logistik surat suara tersebut tiba di gudang penyimpanan di aula SLB menggunakan truk box dengan pengawalan pihak kepolisian. Surat suara yang diterima yakni untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Polewali Mandar maupun pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat.

Nurjannah Waris mengatakan surat suara yang diterima untuk Pemilihan bupati dan wakil bupati Polman sebanyak 358.455 lembar termasuk didalamnya 2.000 lembar untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU). Sementara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulbar sebanyak 356.455 lembar.

“Surat suara yang diterima sesuai dengan jumlah pemilih tetap (DPT) Kabupaten Polman 347.383 ditambah dua setengah persen surat suara cadangan sehigga total setiap pemilihan 356.455 lembar,” ujar Nurjannah Waris.

Ia menambahkan untuk pemilihan bupati dan wakil bupati pihaknya juga menerima surat suara untuk persiapan jika terjadi PSU sebanyak 2.000 lembar. Sehingga total surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Polman yang diterima 358.455 lembar.

Surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulbar dikemas dalam 179 box dengan rincian 178 box berisi 2.000 lembar dan satu box berisi 455 lembar. Sementara surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Polman dikemas dalam 180 box dengan rincian 178 box berisi 2.000 lembar, satu box berisi 455 lembar dan satu box surat suara untuk PSU berisi 2.000 lembar.

Sebelumnya KPU Polman juga telah menerima sejumlah logistik pemilahn 2024 yakni segel kertas jumlah 39.566 keping atau 20 box. Kemudian tinta dengan jumlah 1.610 botol atau 33 boks dan kabel teas dengan jumlah 10.464 buah atau 53 boks. Selanjutnya bilik pemungutan suara sebanyak 3.224 atau 323 kodi dan kotak suara sebanyak 1.644 atau 329 kodi. Logistik Pilkada ini disimpan di gudang KPU Polman di Jalan Todilaling Kelurahan Pekkabata. (mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version