Kominfo Sulbar Sosialisasi dan Bimtek SP4N LAPOR di Mamasa

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfoperss) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR).

Kegiatan ini, diikuti oleh pejabat penghubung dan pengelola akun SP4N LAPOR secara Hybrid di Aula Kareba Mamasa, Kamis 17 Oktober 2024.

Sekretaris Dinas Kominfo, Andi Hidayah Arif menjelaskan, pentingnya SP4N LAPOR guna mendorong transparansi, akuntabilitas, kemudahan akses, peningkatan kualitas layanan, dan efisiensi dalam pelayanan publik.

“Dengan adanya SP4N LAPOR, masyarakat bisa memantau proses penyelesaian laporan secara terbuka,” kata Andi Hidayah.

Untuk itu Pemprov Sulbar melakukan sosialisasi dengan harapan dapat diimplementasikan di enam kabupaten.

“Kita harapkan OPD yang belum meindaklanjuti aduan dapat mendaklanjuti, tentu saja dengan kordinasi pejabat terkait. Dengan demikian, apa yang diharapkan oleh pemerintah dengan pembentukan kanal SP4N LAPOR dimana pemerintah diharapkan responsif, dan cepat merespon keluhan , serta persoalan di masyarakat dapat dioptimalkan,” ungkapnya.

Sedangkan, Kepala Bidang IKP Kominfo Sulbar Dian Afrianty mengatakan sosialisasi SP4N LAPOR ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang cara melapor ke pemerintah.

SP4N LAPOR dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.

“Kita harapkan dari pertemuan ini tidak hanya sebatas sosialisasi, akan tetapi sdh bisa menghasilkan rekomendasi untuk menjadi rencana aksi dalam pengelolaan SP4N LAPOR,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari kemendagri, ombudsman dan Dinas Kominfo Sulbar.(jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version