Desa Amola Bangun Jalan Produksi Pertanian Melalui Progam PSEW

  • Bagikan
TINJAU. Sekretaris Disrumkintan Syarifuddin Wahap saat meninjau pekerjaan produksi pertanian yang dibiayai program PSEW Kementerian PUPR di Desa Amola Kecamatan Binuang.

POLEWALI, RADAR SULBAR — Desa Amola Kecamatan Binuang mendapat Program Pengembangan Sosial Ekonomi Wilayah (PSEW) dari Kementerian Pekerjaan Umum Penata Ruang (PUPR) RI.

Melalui program PSEW tahun 2024, Desa Amola Kecamatan Binuang keciprat anggaran peningkatan struktur jalan produksi pertanian sebesar Rp 500 juta.

Sekertaris Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disrumkintan) Kabupaten Polewali Mandar, Syarifuddin Wahab mengatakan ada dua desa yang disurvei dalam program ini yakni Amola dan Mirring. Tetapi hanya Desa Amola yang memenuhi persyaratan mendapatkan bantuan PSEW.

“Desa yang memenuhi syarat hanya Amola. Karena syarat bantuan ini harus memiliki jalan untuk pengembangan ekonomi masyarakat setempat. Seperti akses masyarakat untuk mendukung produksi pertanian,” jelas Syarifuddin Wahab, Selasa 8 Oktober.

Program PSEW ini anggarannya bersumber dari Kementerian PUPR. Khusus Sulbar hanya ada enam desa yang mendapatkan bantuan ini termasuk Desa Amola Kecamatan Binuang.

Syarifuddin menyampaikan, pihaknya sudah turun melakukan survei pelaksanaan kegiatan tersebut. Program ini yang sudah dalam tahap pelaksanaan yakni pembangunan talud sepanjang 300 meter lebih yang nantinya akan di beton.

“Lebar di RAB-nya hanya empat meter tapi yang dikerjakan diatas lebarnya lima meter dengan ketebalan jalan 20 centimeter. Program ini pengawasan pemeriksaannya langsung diawasi BPK,” terang mantan Camat Polewali ini.

Pertanggungjawaban kegiatan ini langsung melalui aplikasi yang dilaporkan setiap saat. Kegiatan ini dikerjakan oleh Kelompok Kerjasama antara Desa (KKD) dan anggarannya dikelola sendiri oleh kelompok tersebut. (Arf/mkb)

  • Bagikan