HUT TNI Ke-79, Kodim1402 Polman Siapkan Makan Gratis, Dandim Sawer Prajurit

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR — Ada hal menarik dalam pelaksanaan upacara HUT TNI ke-79 di Lapangan Makodim 1402 Polman, Sabtu 5 Oktober. Kehadiran sejumlah gerobak bakso dan stand kopi dan mi milik UMKM menambah semarak pelaksanaan HUT TNI ke-79.

Usai Upacara HUT TNI, langsung diadakan acara syukuran pemotongan tumpeng dan makan gratis bersama anggota TNI, Polri, serta peserta upacara dan masyarakat menghadirkan gerobak bakso dan pedagang UMKM lainnya dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM.

Dandim 1402 Polman, Letkol Sabar Panjaitan menyebut bahwa kegiatan syukuran ini sengaja dihadirkan pedagang UMKM untuk membagi kebahagiaan di HUT TNI ke 79 tahun ini.

“Kita makan bersama menunjukkan bahwa tidak ada sekat antara bawahan dan atasan dan dihadiri masyarakat umum menunjukkan bahwa TNI lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Kebersamaan dan kebahagiaan ini menunjukkan bahwa TNI semakin dicintai oleh rakyat,” beber alumni Akmil 2003 ini.

Usai upacara HUT TNI langsung diadakan ramah tamah, seluruh peserta upacara termasuk masyarakat yang menonton di persiapkan mencicipi makanan bakso, mi ayam, mi siram hingga kopi yang disajikan dengan gratis.

Selain itu berbagai macam makanan serta nasi tumpang sengaja disiapkan untuk peserta HUT TNI.

Bahkan saat ramah tamah HUT TNI, Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima, Dandim Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan, Kapolres Polman Anjar Purwoko dan Kepala Imigrasi Adhya P Barus didaulat menyanyi . Sejumlah prajurit TNI, Brimob, Polres dan Satpol PP serta Dishub Polman ikut berjoget. Ditengah aksi joget ini, Dandim Polman menyawer sejumlah anggota TNI Polisi dan Satpol PP.

Suasana penuh gembira dan riuh saat Dandim melemparkan uang ke kerumunan prajurit yang sementara berjoget sehingga menjadi mereka saling berebutan.

Sementara upacara HUT TNI-79 di Lapangan Upacara Kodim 1402 Polman dipimpin Dandim) 1402 Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan.

HUT TNI Ke-79 mengusung tema TNI Modern bersama rakyat siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju, berlangsung sederhana tetapi penuh hikmad dihadiri Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima bersama forkopimda Polman, purnawirawan, warakawuri serta masyarakat umum.

Dandim 1402 Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan membacakan amanat Panglima TNI. Dalam amanatnya menyebut bahwa tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita,
semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang
Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif (PRIMA) dalam menjaga serta mengawal
kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar
Pertahanan Negara memiliki peran dan
tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan
dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung
percepatan program pembangunan nasional
dan ketahanan negara dalam mewujudkan
Indonesia Maju.

Dandim juga menyampaikan terima kasih kepada forkopimda dan seluruh peserta upacara dan masyarakat yang hadir memeriahkan HUT TNI Ke-79 di Kodim ini. Ini menunjukkan sinergitas antara TNI, Polri serta pemerintah daerah di Polewali Mandar.

Sementara Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima dalam kesempatan tersebut mengatakan peringatan HUT TNI walaupun dilaksanakan secara sederhana
tetapi luar biasa melihat semangat dari seluruh jajaran TNI.

“Kami berharap TNI terus menerus berkembang menjadi modern dan profisional. Dua agenda nasional kedepan yakni pelantikan presiden terpilih dan Pilkada serentak sangat penting untuk tetap di jaga dipelihara dengan bangun kebersamaan serta kolaborasi bersama pemerintah daerah dalam mensukseskan agenda nasional tersebut,” ujar Ilham Borahima. (mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version