Mahasiswa Unsulbar Juara Kompetisi Esai Nasional

  • Bagikan
JUARA. Tim mahasiswa Fapetkan Unsulbar berhasil meraih juara 1 Kompetisi Esai Ilmiah Nasional (KEIN) 2024 di Kendari Sultra, Kamis 3 Oktober 2024. -ist--

MAJENE RADAR SULBAR – Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) kembali mencatat prestasi membanggakan. Kali ini tim mahasiswa dari Fakutlas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) berhasil meraih juara I Kompetisi Esai Ilmiah Nasional (KEIN) 2024.

Mengusung esai tentang Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk perikanan. Mahasiswa Unsulbar berhasil mengungguli tim dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Kepastian tim mahasiswa Fapetkan Unsulbar meraih juara I lomba tingkat nasional KEIN 2024 itu, setelah panitia mengumumkan hasil lomba, Kamis 3 Oktober. Berdasarkan hasil penilian tim juri, panitia menetapkan, juara I adalah Universitas Sulawesi Barat, kemudian juara II Universitas Hasanuddin dan Juara III dari Politeknik Perikanan Kelautan Sorong.

Kompetisi esai nasional yang digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara tersebut, diikuti 77 esai dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Hingga 21 tim yang mencapai babak final.

Pada surat panitia KEIN tertanggal 26 September 2024, tim perguran tinggi yang menjadi finalis lomba KEIN antara lain, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Pertahanan, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Universitas Sulawesi Barat, Politeknik Kelautan Perikanan Sorong dan Universitas Nusa Cendana.

“Kami awalnya tidak menyangka menjadi juara I, karena yang kami hadapi perguruan tinggi yang sudah lebih mapan. Namun berkat bimbingan dosen pendamping dan dukungan civitas akademika, prestasi ini kami raih, dan kami persembahkan untuk Universitas Sulawesi Barat,” kata ketua tim mahasiswa Unsulbar, Ritwan Yusreni melalui jaringan appilkasi percakapan WA, Kamis 3 Oktober.

Selain Ritwan, tim Esai Unsulbar terdiri atas tiga mahasiswa lainnya yakni Igel Marsion, Alliel Bungaran Kricjto dan Dwi Juniarti Biro Tangdiombo. Keempatnya mahasiswa dari Program studi Perikanan Tangkap itu dibimbing dosen pendamping, Zulfathri Randhi.

” Ini menjadi kebanggan bagi Unsulbar, dan khususnya bagi Fapetkan, mahasiswa kita ini meraih juara 1 dengan berhasil mengalahkan universitas yang tampil dengan lebih dari satu tim. Saya salut dan bangga atas semangat optimisme dalam berjuang, berlomba,” kata Dekan Fapetkan, Prof. Sitti Nurani Sirajuddin.

Kompetisi Esai Ilmiah Nasional (KEIN) tingkat mahasiswa se Indonesia di tahun 2024 ini mengusung tema ” Mewujudkan pengeolaan kelautan dan pemanfaatan sektor perikanan dan kelataun yang berkelanjutan menuju Indonesia emas 2045.

Pada lomba tingkat nasional itu, bidang karya tulis meliputi antara lain; Pengeolaan Sumber Daya Perairan, Budidaya Perairan, Kelautan, Agribisnis Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan dan Perikanan Tangkap. (rls/mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version