Tingkatkan Koordinasi, PPID Sulbar Optimis Kembali Raih Predikat Provinsi Informatif

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Mustari Mula optimis Sulbar dapat kembali meraih predikat Provinsi Informatif.

Hal itu disampaikan pada Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se Sulbar, di Gedung Graha Sandeq Kompleks Rujab Gubernur Sulbar, Selasa 01 Oktober 2024.

Mustari mengatakan, tantangan bagi PPID sebab pengukuran indeks Keterbukaan informasi tidak lagi hanya pada satu OPD, melainkan terdapat 10 OPD, sehingga pihaknya melakukan rakoor untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan di OPD terkait, serta melibatkan PPID di masing-masing OPD untuk bersama sama memenuhi indikator indikator pelayanan informasi publik.

“Kedepan tingkat permohonan nformasi publik semakin tinggi oleh karena itu saya harap partisipasinya, dan terpenting bagaimana kita menyediakan informasi yang sifatnya harus disiapkan secara berkala, dipersiapkan setiap saat dan informasi yang dikecualikan. Mudah-mudahan Sulbar kembali menjadi Provinsi Yang Informatif,” kata Mustari.

Hadir sebagai narasumber bersama Dulhaz Muhtar Ketua KI Sulbar Periode 2020-2022, Andi Fachriadi Kusno Ketua KI Sulbar Periode 2022-2024. Selain itu Komisioner Komisi Informasi Pusat RI, Syawaludin.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris berharap seluruh OPD khususnya PPID yang melekat pada setiap OPD lebih konsen mempersiapkan pelayanan dalam hal ketersediaan informasi publik. Maka hal yang perlu didorong adalah kedisiplinan dan Komitmen PPID di setiap OPD.

“Titik lemah kita kedisiplinan kita atau komitmen yang kuat terhadap kita untuk konsen terhadap itu. Oleh karenanya PPID disetiap OPD harus menyamakan standar-standar yang harus dipenuhi untuk pelayanan publik dalam memberikan informasi kepada publik,” ungkapnya. (jaf)

  • Bagikan