Tiga Orang Raih IPK 3,99, Enam Wisudawan Terbaik Unasman

  • Bagikan
Deriska Lulusan Terbaik Wisuda Unasman 2024

POLEWALI RADAR SULBAR — Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) acara Wisuda Sarjana XXI dan Dies Natalis XX di Gedung Nusantara Gabungan Dinas-dinas (Gadis) Polewali, Senin 30 September. Sebanyak 416 mahasiswa Unasman diwisuda menjadi sarjana strata satu (S1)

Dari 416 mahasiswa yang diwisuda ada enam orang wisudawan terbaik masih masih fakultas. Tiga orang diantaranya meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,99 yakni Deriska dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Program Studi Kesehatan Masyarakat. Kemudian Darmi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Nurul Atira dari Fakultas Ilmu Pertanian (FIP) Program Studi Agribisnis dengan.

Sementara Arma Lestari dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Komunikasi IPK 3,97. Selain itu Caprilia Fitri dari Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Program Studi Teknik Informatika dengan IPK 3,97 dan Dita Adelia dari Fakultas Agama Islam (FAI) Program Studi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,94.

Salah seorang wisudawan terbaik, Deriska dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) mengaku meraih IPK 3,99 dengan masa kuliah hanya tiga tahun delapan bulan.

“Alhamdulillah saya dinobatkan sebagai salah satu wisudawan terbaik Unasman. Saya terharu dan berbangga dapat menyelesaikan studi di FKM Unasman selama tiga tahun delapan bulan dengan IPK 3,99. Ini bukan hanya impian saya bisa menyelesaikan studi tetapi juga impian kedua orang tua saya,” tutur gadis asal Dapuran Pasangkayu ini.

Ia mengaku penuh perjuangan selama kuliah di Unasman apalagi dia berasal dari Pasangkayu. Awalnya masuk di Unasman tahun 2020 lalu saat situasi Covid-19. Deriska mengaku selama kuliah di Unasman mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan sangat terbantu karena awal masuk di Unasman perekonomian keluarganya agar menurun imbas Covid-19.

“Alhamdulillah berkat program KIP kuliah dari pemerintah bisa menyelesaikan studi di FKM Unasman. Berbagai rintangan saya hadapi selama kuliah, tetapi tekad untuk meraih cita-cita menjadi sarjana kesehatan masyarakat saya bisa lewati dan alhamdulillah dapat gelar wisudawan terbaik Unasman tahun ini,” tutur gadis kelahiran Dapuran 14 November 2002 ini.

Ia mengaku setelah menyelesaikan kuliah di Unasman, Deriska berencana melanjutkan kejenjang S2 dan mengikuti program sertifikasi K3. Selain itu berencana kembali ke kampung halamannya untuk mengabdikan diri membangun daerahnya.

Sementara itu, Rektor Unasman, Dr Hj Chuduriah Sahabuddin berharap kepada wisudawan agar tidak berhenti menimbah ilmu pasca menyelesaikan program S1. Dr Chuduriah Sahabuddin juga mengungkapkan program yang dilakukan Unasman saat ini termasuk mengimplementasikan kurikulum yang merelevansikan prinsip Merdeka Belajar dengan konsep Pembelajaran Berbasis Outcome.

Unasman telah melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejak angkatan pertama pada tahun 2021 silam hingga angkatan 8 dengan melibatkan 298 mahasiswa dan 78 dosen pembimbing lapangan yang tersebar di beberapa SD, SMP, dan SMK di Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Dr Chuduriah Sahabuddin berharap mahasiswa yang telah berada pada era merdeka belajar mampu mengejewantahkan pola pikir merdeka dalam kehidupannya.

Sementara Ketua Yayasan Al Asyariah Mandar, KH Syibli Sahabuddin mengatakan Unasman begitu lekat dengan tombak trisula yang salah satu ikon logo. Itu merupakan salah senjata pusakan dari tanah Mandar.

“Jika ditarik maknanya dalam perguruan tinggi maka kami simpulkan sebagai pengajaran, penelitian dan pengabdian. Makna tiga berikutnya adalah Unasman merupakan bagian dari tiga tatanan ilmu yakni ilmu pengetahuan, ilmu agama dan ilmu budaya,” terang KH Syibli Sahabuddin.

Menurutnya Ilmu pengetahuan merujuk pada pendidikan, ilmu merujuk pada konsep keasyariahan (ahlusunnah wal jamaah). Sementara ilmu budaya sendiri merujuk pada nilai nilai luhur budaya Mandar.

Dalam wisuda kali ini, konten kreator Muh Rijal Djamal tampil membawakan orasi ilmiah. Rijal Djamal memberikan motivasi kepada para wisudawan untuk lebih kreatif dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.

Dalam wisuda sarjana Unasman ke-XXII dan Dies Natalis Ke-XX Tahun Akademik 2023/2024 akan dihadiri Kepala LLDikti Wil.IX Sultanbatara Dr Andi Lukman dan Kopertais Wil. III Sulawesi Maluku dan Papua. Wisuda sarjana Unasman ini juga dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan Pemprov Sulbar, Muktar mewakili Pj Gubernur Sulbar dan Pj Sekda Polman I Nengah Tri Sumadana mewakili Pj Bupati Polman dan Forkopimda Polman serta tamu undangan lainnya. (mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version