KPU Polman Tetapkan 20 Lokasi Kampanye Terbuka, Paslon Hanya Pilih Satu Tempat

  • Bagikan
RAPAT -- KPU Polewali Mandar mengelar rapat dengan LO Paslon terkait titik lokasi kampanye terbuka dan desain APK di Kantor KPU Polman, Sabtu malam 28 September 2024.

POLEWALI RADAR SULBAR — KPU Kabupaten Polewali Mandar (Polman), telah menetapkan
lokasi pelaksanaan rapat umum atau kampanye terbuka bagi pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Polman 2024.

KPU Polman menetapkan 20 lokasi yang tersebar di 16 kecamatan sebagai tempat kampanye terbuka. Dari 20 lokasi kampanye terbuka semuanya merupakan lapangan sepak bola.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Polman, Andi Rannu saat dikonfirmasi disela rapat dengan Liaison Officer (LO) Paslon, Sabtu malam 28 September membenarkan pihaknya telah menetapkan lokasi kampanye rapat umum. Penetapan ini juga ditetapkan sesuai dengan rekomendasi dari Pemkab Polman mengenai lokasi rapat umum.

“Kami telah tetapkan 20 lokasi rapat umum yang semuanya lapangan sepak bola tersebar di 16 kecamatan. Nantinya paslon akan memilih salah satu tempat untuk dijadikan lokasi rapat umum atau kampanye terbuka,” jelas Andi Rannu.

Ia menjelaskan paslon hanya boleh menentukan salah satu lokasi kampanye rapat umum. Tetapi Paslon melalui LO-nya berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU terkait lokasi dan jadwal melakukan kampanye terbuka.

“Paslon hanya boleh memilih salah satu loaksi saja. Kami harap paslon harus koordinasi dengan KPU dan memasukkan jadwal dan rencana lokasi yang digunakan untuk kampanye rapat umum. Sehingga diupayakan tidak bertabrakan dengan paslon lainnya,” tukasnya.

Hingga, Minggu siang kata Andi Rannu baru satu tim Paslon yang memasukkan usulan tempat dan jadwal lokasi kampanye rapat umum. Tim LO paslon Dirga-Iskanan telah memasukkan usulan kampanye rapat umum, Rabu 20 November 2024 di Lapangan Gas Bala Kecamatan Balanipa.

Sementara untuk titik lokasi untuk pemasangan Alat Praga Kampanye (APK) bagi paslon setiap desa dan kelurahan masing masing tiga lokasi. Sehingga ada 501 lokasi tempat pemasangan APK.

“Sudah kita tetapkan, lokasi penempatan APK. KPU tetapkan satu lokasi satu desa dan kelurahan. Tetapi Paslon bisa menambah 200 persen atau menambah dua lokasi sehingga menjadi tiga per desa dan kelurahan. Totak tempat pemasangan APK mencapai 501 titik se Kabupaten Polman,” tambahnya.

Dengan ditetapkan lokasi pemasangan APK, maka Ia meminta kepada tim paslon, agar tidak memasang di tempat yang melanggar ketentuan.

Adapun lokasi pemasangan APK yang dilarang yaitu, tempat ibadah, rumah sakit, fasiltas kesehatan, tempat pendidikan, gedung milik pemerintah, fasilitas tertentu milik pemerintah, serta fasilitas lainnya yang dapat menggangu ketertiban umum.

“Kami harap tim paslon tidak memasang di lokasinya yang dilarang,” tandasnya.

Sementara LO pasangan nomor urut 4 Dirga-Iskandar, Ilham Muslimin mengatakan timnya sudah menetapkan pelaksanaan kampanye terbuka akan digelar di Lapangan Gas Bala Kecamatan Balanipa, Rabu 20 November 2024 mendatang. Kampanye terbuka ini akan dihadiri ribuan massa pendukung Dirga-Iskandar.

Sedangkan LO pasangan nomor urut 2, Bebas Manggasali-Siti Rahmawati, Husni Mubarak saat ditemui di Kantor KPU Polman mengatakan paslon Besti juga kemungkinan akan melakukan kampanye terbuka di Lapangan Bonde Campalagian.

“Rencananya kampanye terbuka akan digelar Sabtu 23 November 2024 di Lapangan Gasrat Bonde Campalagian,” terang Husni Mubarak.

Untuk paslon nomor urut 1, Samsul Mahmud-Andi Nursami Masdar dan nomor urut 3, Syibli Sahabuddin-Zainal Abidin hingga saat ini belum menentukan lokasi dan jadwal kampanye terbukannya. Tim LO Pasangan Samsul Mahmud-Andi Nursami, Hasriadi maupun LO tim pasangan Syibli-Zainal Abidin, Abd Rahman Yunus sama sama mengaku belum menetapkan lokasi kampanye terbuka calonnya. (mkb)

  • Bagikan