Puluhan Nelayan Terima Bantuan Dari Pemprov

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – Puluhan Nelayan menerima bantuan dari pemerintah provinsi Sulawesi Barat, Kamis 26 September 2024.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat Suyuti mengatakan, bantuan yang diberikan kepada nelayan berupa mesin Katinting dan alat tangkap purse seine.

Diharapkan para penerima bantuan menjadi garda terdepan dalam melestarikan keberlangsungan ekosistem di laut.

“Kami ingin agar bapak-bapak semua bisa membantu kami menjaga sumberdaya laut kita, kalau ada hal-hal yang melanggar aturan di laut, silahkan langsung laporkan ke saya,” tegas Suyuti.

Ia juga menekankan pentingnya kerjasama antar kelompok nelayan. Dengan memanfaatkan bantuan yang diberikan, nelayan diharapkan dapat saling berbagi pengalaman dan strategi dalam penangkapan ikan, sehingga dapat menciptakan sinergi yang positif.

“Kita harus saling mendukung dan bersinergi agar apa yang kita harapkan bisa terwujud,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya juga mengakui bahwa meskipun bantuan ini merupakan langkah positif, masih ada tantangan yang harus dihadapi, seperti perubahan iklim dan penangkapan ikan ilegal. Oleh karena itu, Ia mendorong para nelayan untuk tetap menjaga kelestarian sumber daya laut.

“Kita harus ingat, laut adalah titipan, dan kita harus menjaganya untuk generasi yang akan datang,” pungkasnya.

Acara penyerahan bantuan yang merupakan perintah langsung dari Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin ini ditutup dengan semangat optimisme, di mana para nelayan berjanji untuk memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya.

Mereka berharap dapat mengubah hasil tangkapan mereka menjadi lebih melimpah, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan laut.

Adapun, bantuan yang diserahkan :

  1. Mesin Katinting 9 PK, sejumlah 16 unit untuk 4 Kelompok (Kab. pasangkayu 3 Klp dan Kabupaten Mamuju 1 Klp)
  2. Mesin kantinting 6,5 PK, sejumlah 28 unit untuk 6 kelompok (Kab. Mamuju 5 Klp dan Kab. Majene 1 Klp).
  3. Alat tangkap purse sein, sebanyak 2 paket untuk 2 Klp untuk 2 Kelompok di Kabupaten Mamuju.

(jaf)

  • Bagikan