Puncak Bakti Sosial di Mamasa, Kemensos Bagi Bansos, Operasi Katarak, Hingga Dirikan Lumbung Sosial

  • Bagikan

MAMASA, RADAR SULBAR –Para Dirjen Kementerian Sosial Republik Indonesia serta para Direktur di Lingkup Kemensos hadir pada acara Puncak Bakti Sosial di Kabupaten Mamasa.

Bantuan Sosial senilai Rp140 miliar diserahkan, berupa bansos, bantuan PKK dan Sembako kepada penerima manfaat di Gereja Toraja, Bakti sosial lainnya operasi katarak, dan mendirikan Lumbung Sosial di dua kecamatan di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat,  Selasa 14 September 2024. 

Puncak  Bakti Sosial Kementerian Sosial RI digelar di Gereja Toraja dirangkaikan  pemeriksaan kesehatan  gratis dan gerakan pangan murah.  Hadir pada kegiatan ini Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Agus Zainal Arifin, Staf Ahli Kementerian Sosial  Pepen Nazaruddin, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Supomo, Dirjen Pemberdayaan Sosial Mira Riati, dan sejumlah direktur di lingkup Kemensos RI

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI Supomo mengucapkan terima kasih atas sambutan warga Mamasa, Dia juga menyampaikan permohonan maaf sebab Mensos Gus Ipul belum dapat hadir langsung dikarenakan adanya tugas mendesak. Jelasnya bentuk keseriusan Kemensos telah menghadirkan 50 persen pejabat Kemensos hadir di tengah masyarakat Mamasa. 

“Kementerian hadir untuk meningkatkan taraf kesejahteraan warga. Mereka yang kita bantu, upaya upaya upaya dengan cara meningkatkan kemampuan dasar. Setiap orang memiliki satu kemampuan dan itulah yang dibantu dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Supomo. 

“Semoga yang dibantukan ini sesuai dengan keterampilan ibu ibu, misalnya bantuan ternak, betul betul dia yang bersungguh sungguh mengembangkan ternak. Jadi jangan dijual, tetapi kembangkan itu,” sambung Supomo. 

Supomo melanjutkan, berharap kolaborasi dengan Pemda, baik Pemkab maupun Provinsi untuk memastikan bantuan yang diberikan betul-betul tepat dan memberikan dampak positif. 

“Mudah-mudahan ini bukan yang terakhir karena teman teman masih tinggal disini untuk menyelesaikan beberapa hal,” ungkapnya.

PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin berterima kasih atas kepedulian Mensos Saifullah Yusuf (Gus Ipul) terhadap warga Mamasa. Terkait bantuan Lumbung Sosial Ini pertama kali diberikan kepada Sulbar. Lumbung Sosial berguna untuk memudahkan warga menjangkau bantuan dengan cepat sehingga kebutuhan pokok tercukupi jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Hadirnya lumbung Sosial ini menurutnya ini bagian dari upaya PJ Bupati Mamasa yang terus berjuang mencari sumber alternatif untuk keterbatasan di daerahnya.

“Jadi sekali lagi terima kasih setinggi-tingginya, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Sulbar berterima kasih kepada Mensos. Daerah ini sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah pusat.  Apalagi di Mamasa 200 miliar defisit di Mamasa. sehingga perlu kebijakan dari pusat, terima kasih Kemensos,” kata Bahtiar.

Apalagi dengan adanya operasi katarak sangat membantu masyarakat, “Untuk operasi katarak ini biayanya butuh sampai 8 juta per orang, tetapi hari ini Kemensos hadir membawa dokter dan perlengkapan melakukan operasi katarak di Mamasa, dan secara gratis, ini patut kita syukuri,” kata Bahtiar. 

PJ Bupati Mamasa Muhammad Zain turut mengucapkan terima kasih kepada Kemensos.  “Ini adalah bentuk kehadiran negara kepada masyarakat, atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih,” ungkapnya. (jaf)

  • Bagikan