Target Pecatur Sulbar Pesembahkan Medali Pupus di PON XXI Aceh Sumut

  • Bagikan

MEDAN, RADAR SULBAR – Harapan Sulbar untuk menambah medali pada PON XXI Aceh Sumut 2024 hampir terwujud.

Target Atlet Catur Sulbar MN Budiman HS untuk persembahkan medali emas di kategori catur klasik harus pupus. Jadinya medali untuk Sulbar tidak bertambah.

Budiman yang bertarung hampir 4 jam mampu memaksakan satu kemenangan, maka berdasarkan hitungan direct en counter dapat dipastikan meraih medali emas pertama untuk Sulbar.

Di babak 6, Budiman mengalahkan MN Usriadi Limbong (Pasek) babak 7 menang melawan MN Maulana Kahfi dari DIY. Pada babak 8 sempat tampil luar biasa dan berhasil mengalahkan pecatur handal nasional GM Novendra Priasmoro dari DKI.

Sayangnya, pada babak terakhir (babak 9) hanya mampu bermain draw pada langkah 62 Varian Sicilia Dragon melawan MI Taufik Halay (Papeg).

Budiman dinyatakan gagal persembahkan medali berdasarkan perhitungan poin.

Saat dihubungi, Budiman menyampaikan permintaan maaf atas kegagalan ini. “Cukup berat memaksakan satu kemenangan. Disaat lawan hanya berpikir untuk draw untuk memastikan juara,” terangnya.

Diketahui, Pecatur MI Taufik Halay (Papeg) meraih Medali Emas. GM Novendra (DKI) meraih perak dan MN Jalaluddin Al Mubarak (Perunggu) yang babak terakhir masing-masing meraih kemenangan.

Menurut Budiman salah satu faktor penyebab kekalahan adalah performance 4 babak pertama kurang baik dan kurang fokus ditambah cuaca dingin di Berastagi juga cukup mengganggu. Justru 5 babak terakhir baru bisa tampil baik dan berusaha mengejar poin.

“Tugas atlet hanya berjuang. Selalu ada hikmah dan evaluasi yg bisa dilakukan untuk hasil yg lebih baik kedepan,” ucapnya. (*)

  • Bagikan