Gaet Vidi Aldiano, BRI Edukasi Masyarakat Hindari Modus Penipuan Lewat Lagu

  • Bagikan

JAKARTA, RADAR SULBAR – Berbagai modus penipuan yang ditujukan kepada nasabah perbankan masih marak terjadi. Salah satu modus penipuan saat ini diantaranya melalui manipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data transaksi perbankan korban. Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam, mulai dari telepon, SMS, aplikasi chat, e-mail, media sosial, dan lainnya.

Untuk menghindari berbagai modus penipuan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat, baru saja merilis campaign edukasi digital dengan judul “Waspada dan Kenali Modus Palsu #BilangAjaGak”. Campaign ini berisi kampanye sosial BRI yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indmonesia tentang berbagai modus-modus penipuan online perbankan yang kian marak.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa BRI sebagai bank yang concern terhadap segala jenis kejahatan perbankan, terus mengedukasi nasabahnya melalui berbagai kanal, baik media konvensional maupun media sosial. “Melalui campaign ini, diharapkan awareness dan kewaspadaan masyarakat semakin meningkat, terutama dalam mengenali modus dan praktik penipuan,” ujarnya.

Adapun dalam campaign ini, perseroan menggandeng penyanyi Vidi Aldiano dengan format film pendek dan mengangkat tiga modus penipuan yang sering menelan korban. Lewat lirik-lirik lagu tersebut, Vidi menyampaikan berbagai modus penipuan yang masih menyasar masyarakat secara luas.

Tayangan pun bercerita tentang seorang penyanyi (diperankan oleh Vidi Aldiano) yang merilis single terbarunya berjudul “Modus Palsu”. Dalam sebuah konferensi pers, Fidi mengungkapkan bahwa lagu tersebut terinspirasi dari berbagai modus penipuan yang ia rangkum dalam liriknya. Mulai dari modus tawaran hadiah undian, pencurian kode OTP, hingga undangan pernikahan palsu dalam bentuk file APK, semua digambarkan dengan menarik dalam video tersebut.

Dengan percaya diri, penyanyi tersebut menjelaskan bahwa modus-modus tersebut masih berhasil menipu banyak orang yang belum mengenal tipu muslihat modus palsu. Padahal, penipuan seperti ini sebenarnya mudah dihindari hanya dengan gerakan #BilangAjaGak. Sesederhana mengabaikan nomor tak dikenal yang menawarkan hadiah jutaan rupiah, atau tidak mempercayai seseorang yang mengaku teman tapi tidak kita kenal saat mengirimkan undangan pernikahan palsu.

Terkait hal ini, Vidi Aldiano sebagai talent pun mengatakan, modus penipuan akan terus mencari celah baru lewat teknologi ataupun kebiasaan pengguna. Oleh karena itu, kita harus terus menjaga data diri dan juga akun bank kita.

“Kerja sama dibutuhkan antara nasabah dan bank agar bisa membantu meminimalisir resiko penipuan yg mungkin terjadi ke depannya. Mesti disadari bahwa modus penipuan perbankan akan selalu ada dan terus berkembang. Asal kita tau dan aware sama tanda-tandanya, kita semua bisa melawan berbagai macam modus penipuan,” ujarnya.

Video “Kenali Modus Palsu #BilangAjaGak” kini sudah dapat disaksikan di kanal YouTube Bank BRI dan sosial media resmi BRI lainnya (Instagram: bankbri_id ; Facebook: Bank BRI X: bankbri_id, kontak bri, promo_bri). (*)

  • Bagikan

Exit mobile version