Satgas Kesehatan Sulbar Terbentuk, Siap Lancarkan Pilkada Serentak 2024

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Pemerintah provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membentuk Satgas Kesehatan Pilkada Serentak 2024, melibatkan seluruh perangkat tenaga kesehatan dari tingkat provinsi hingga desa/kelurahan.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg Asran Masdy mengatakan, Dibentuknya Satgas Kesehatan untuk memastikan pesta demokrasi berjalan lancar.

Bercermin dari penyelenggaraan sebelumya, penyelenggara banyak yang mendapatkan kendala kesehatan karena kelelahan saat melayani di TPS, olehnya Satgas Kesehatan dibentuk dengan harapan dapat memberi pelayanan di setiap TPS.

Tujuan lain dari Satgas juga mengantisipasi adanya masyarakat yang saat di TPS memerlukan pelayanan kesehatan. Untuk itu di tingkat kecamatan, setiap Puskesmas telah membuat pos-pos pelayanan agar membuka pelayanan sehari sebelum hari ha hingga dua hari setelah hari pemungutan suara.

“Kami sudah melakukan langkah-langkah persiapan mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat Pustu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg Asran Masdy, Kamis 19 September 2024.

Khusus pada hari H, pos-pos yang dibentuk bergerak melakukan patroli disetiap TPS, serta intens berkoordinasi dengan KPPS.

“Kami sampaikan juga bahwa nanti KPPS akan memegang kontak pelayanan kesehatan di Puskesmas terdekat, seketika ada kejadian langsung bisa menghubungi pos-pos pelayanan yang sudah kami siapkan,” kata Asran.

Selain berkoordinasi dengan kabupaten, Dinkes Sulbar juga berkoordinasi dengan unsur kesehatan di Instansi vertikal, baik TNI-Polri dan lembaga kementerian lainnya di daerah, untuk memastikan satgas kesehatan memberikan pelayanan maksimal demi kelancaran pilkada Sulbar. (jaf)

  • Bagikan