Seminar Harhubnas 2024, Sulbar Tertinggal Tanpa Pelabuhan Kontainer

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – . Sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), Sulbar harus mampu menjawab tantangan kedepan, permintaan yang kian meningkat tentu mendesak provinsi ke 33 ini memiliki pelabuhan kontainer.

Begitu disampaikan Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, saat menghadiri seminar Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024, Kamis 19 September 2024.

“Jadi, kalau mau membangun koneksi daerah ini adalah membangun dari udara dan laut. Misalnya, kita sudah produksi hasil bumi yang banyak, keluar dari daerah harus pakai transportasi. Nah, disamping itu harus ada pelabuhan. Pelabuhannya gimana, pelabuhannya harus representatif untuk kapal-kapal. Dan sampai saat ini, kita belum ada pelabuhan kontainer,” kata Bahtiar Baharuddin.

Untuk itu, Bahtiar berkomitmen agar Sulbar memiliki pelabuhan yang representatif.

“Jadi, saya mendorong betul ada bantuan dan perhatian dari pemerintah pusat, supaya bangun pelabuhan kontainer di Sulbar. Selama pelabuhan kontainer nggak diselesaikan, maka diskusi kita tentang ekosistem laut masih bermasalah. Arus barang dari dan kembali ke Sulbar itu bermasalah. Kita harus bawah jauh lagi ke Makassar, jauh sekali,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan