Perbanyak ke Lapangan Dengar Aspirasi, Bahtiar: Jika Ada Pendapat lain, Kamu Mengatasnamakan Masyarakat Siapa

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Usai bersilaturahmi bersama  kelompok tani dan nelayan di rumah jabatan Gubernur Sulbar, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengecek langsung ke Lapangan dan berdiskusi langsung dengan petani nelayan..

Tiga titik dikunjungi, dua diantaranya adalah adalah miliki masyarakat, yakni petani hortikultura di Desa Salubarana Kecamatan Sampaga dan Pengelola Tambak Perikanan di Desa Pokkang Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sabtu 14 September 2024. Di tiga titik ini Pj Bahtiar mengedukasi berbagai skema program dalam meningkatkan produksi dan pendapatan masyarakat. 

Satu titik lagi adalah UPTD Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Pemprov Sulbar. Bahtiar menjelaskan, baik pemerintah maupun masyarakat harus dipersiapkan membangun ekosistem bisnis. Baik disektor  pertanian, perkebunan,  peternakan dan perikanan. 

“Saya konsen betul bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena uang kita terbatas waktu kita terbatas, uang kcil ini kita fokuskan sajahal hal hal yang menyentuh langsung masyarakat paling bawah, yaitu yang sebagian  masyarkat sulbar 90 persen itu hidupnya di tiga sektor itu; bertani, berkebun, betenak, dan usaha bidang perikanan. Ini sektor yang mudah kita sentuh dengan modal tidak terlalu besar tetapi kita pastikan produsk bisa kita tigkatkan,” kata Bahtiar. 

Pj Bahtiar mengatakan, aktivitasnya di Sulbar memang lebih banyak terjun ke lapangan  melihat langsung kondisi usaha masarakat di empat sektor tersebut. Bahtiar juga berdisuksi langsung dengan petani-nelayan saat berada di lapangan, tujuannya agar apa yang disiapkan pemerintah itu merupakan aspirasi dari masyarakat. 

“Dengan banyak turun kelapangan sepeti ini saya akan mengerti  langsung keadaan lapangannya. Jadi kalau ada yang berpendapat berbeda nanti kita tinggal tanya kamu mengatas namakan masyarakat siapa , ini petaninya langsung udah ngomong-nelayannya ngomong. Jadi kalau ada pendapat yang berbeda, kita tanya aja langsung. Kamu mewakili masyarakat siapa, karena masyarakat yang saya temui langsung itu aspirasinya. Aspirasinya dibantu pemda  dengan berbagai skema program,” tutup Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini.. 

Ketua Kelompok Tani Pusat Pelatihan  Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Petani Peternak Muda Keren (PPMK) Kabupaten Mamuju, Muhammad Padil mengatakan, kunjungan Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin menunjukkan komitmen dan keseriusan  ingin membantu masyarakat mengembangkan pertanian-peternakan di Provinsi Sulawesi Barat. 

“Kunjungan pak PJ gubernur ini tindak lanjut dari pertemuan petani nelayan dari enam kabupaten saat di Rujab, dan pak PJ ingin mengecek langsung dan hari betul-betul direalisasikan. Ini juga keinginan masyarakat petani  disini berharap pak gubernur bisa berkunjung langsung untuk melihat kondisi pengembangan hortikultura dan peternakan disini,” kata Padil. 

Dia berharap dengan kunjungan PJ Gubernur, Bahtiar Baharuddin Sulbar tahu bahwa ada pusat pelatihan pertanian di Mamuju. Lahan yang dikelola seluas dua hektar dan banyak petani binaan di Desa Salubarana. (jaf)

  • Bagikan