Tanpa Pengawas Pertandingan, Kejuaraan Bola Basket di Mamuju Sempat Diberhentikan

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Persatuan Basket Ball Indonesia (Perbasi) Sulbar, sempat menghentikan sementara pertandingan 3×3 Basketball Competition, yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulbar, 12-15 September 2024, di Atrium Matos Mall Mamuju.

Penghentian pertandingan sementara itu terjadi lantaran pengawas pertandingan hingga berakhirnya pertandingan di hari pertama tidak dilibatkan.

Dalam AD/ART BAB IV Pasal 21 bagian ketiga tentang pengawas pertandingan. Setiap pertandingan, kompetisi, pertandingan dan kejuaraan bola basket tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional wajib ada pengawas pertandingan.

Karenanya, Melalui surat keputusan Perbasi Sulbar yang ditandatangani langsung oleh Ketua Perbasi Sulbar, Andi Zulfahmi Hermawan menegaskan, dengan tidak adanya pengawas pertandingan maka Perbasi Sulbar mengeluarkan keputusan untuk menghentikan pertandingan sementara sampai lengkapnya perangkat pertandingan.

Pertandingan yang diikuti kategori pelajar dan umum itu kemudian dilanjutkan kembali beberapa jam setelah surat penghentian pertandingan sementara itu dicabut. Pihak penyelenggara menyanggupi akan melibatkan pengawas pertandingan. Perbasi Sulbar pun juga telah menerbitkan surat keputusan dilanjutkannya pertandingan 3×3 Basketbal Competition.

Kepala Dispora Sulbar Safaruddin Sanusi mengatakan, tertundanya pertandingan karena ada unsur yang dianggap Perbasi tidak memenuhi standar pertandingan yaitu pengawas pertandingan yang direkomendasi oleh Perbasi provinsi berhalangan hadir, sehingga Perbasi provinsi minta pertandingan dihentikan sementara sampai adanya pengawas pertandingan

“Setelah Perbasi provinsi merekomendasikan pengawas pertandingan yang berhalangan hadir untuk digantikan oleh pengawas pertandingan yang baru, barulah pertandingan dilanjutkan kembali” ungkapnya.

Sekadar diketahui, pemberhentian pertandingan sementara bukan kali pertama terjadi. Kasus serupa pernah terjadi di sejumlah daerah. Sejumlah event diberhentikan karena tidak memenuhi standar kelengkapan yang telah diatur Perbasi. Baik yang menyangkut rekomendasi pertandingan, pengawas pertandingan dan sebagainya. (*)

  • Bagikan