Dapat Dana Hibah Bencana, Polman Bakal Bangun Lima Jembatan

  • Bagikan
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Polman Sulaiman Mekka

POLEWALI RADAR SULBAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) merancang pembuatan Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan lima jembatan. Pembangunan lima jembatan ini akan menggunakan dana hibah pasca bencana dari pemerintah pusat sebesar Rp 26 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Polman Sulaiman Mekka menyampaikan, bantuan pasca bencana ini akan segera turun. Proses yang berjalan saat ini adalah pembuatan DED yang sementara dibuat Dinas PUPR Polman.

“Bantuan ini dana hibah yang melekat di Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR). Kami telah merampungkan semua dokumen yang dibutuhkan,” jelas Sulaiman Mekka saat dikonfirmasi pada Selasa 10 September kemarin.

Lanjutnya, bantuan hibah ini diperuntukkan untuk perbaikan sarana prasarana jalan, jembatan, drainase dan pembenahan eks daerah longsor.

Dokumen yang disiapkan ini harus benar-benar matang. Sehingga BPBD juga sudah berkonsultasi ke Balai karena perencanaannya harus matang. Jika tidak matang usulan bisa ditolak.

Sulaiman menyampaikan, saat ini tinggal DED-nya saja yang belum ada karena masih proses pembuatan.

“Kalau DED-nya sudah ada saya sendiri yang akan berangkat ke Jakarta untuk menyerahkan dokumennya ke BNPB pusat,” ujar Sulaiman Mekka yang juga Kabag Humas Prokopin ini.

Mantan Camat Wonomulyo ini menambahkan selain usulan pembangunan jembatan dan penanganan pasca bencana. Ia juga menyampaikan akan mengusulkan pergantian fasilitas berupa tenda yang sudah rusak, kendaraan dan sped both.

Lima jembatan yang rencananya akan dibangun yakni Jembatan Kumbang Desa Kunyi, jembatan gantung di Tapango, jembatan di Bulo, dan Tutar serta beberapa pekerjaan lainnya yang masuk dalam usulan penggunaan dana hibah dari BNPB tersebut.

Terpisah, Penjabat Bupati Polman Muh Ilham Borahima menyampaikan, pihaknya mengusulkan bantuan untuk pasca bencana untuk penanganan abrasi di sungai Maloso, Mapilli dan beberapa daerah yang mengalami abrasi pantai seperti Polewali, Karama.

“Yang diusulkan termasuk perbaikan jalan seperti untuk Tutar dan Bulo khusunya jembatan di Bulo sangat diperlukan dimana sering viral masyarakat ditandu saat sakit,” jelas Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima.

Ia berharap bantuan ini bisa segera turun dan infrastruktur tersebut bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (arf/mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version